Kuliah Hanya Lima Semester, BINUS Cetak Gen Z Lebih Adaptif

Kamis, 27 Juni 2024 - 17:09 WIB
loading...
Kuliah Hanya Lima Semester, BINUS Cetak Gen Z Lebih Adaptif
BINUS University menggelar Temu Media di Jakarta (21/6/2024). Salah satu pembahasan adalah program kuliah 2,5 tahun di BINUS University guna mencetak gen Z yang lebih adaptif. Foto/BINUS.
A A A
JAKARTA - Perubahan yang dinamis dalam dunia industri menuntut mahasiswa calon pekerja untuk lebih adaptif dan kreatif. Hal tersebut yang mendasari BINUS University untuk lebih mempersiapkan mahasiswanya dalam berkarier di industri dan menuntut kepemilikan jiwa wirausaha (entrepreneurship) dalam diri Gen Z.

Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSA, RektorBINUS University menuturkan, mahasiswa Gen Z perlu dibekali keahlian yang relevan dengan situasi industri saat ini. Dengan masa kuliah 2,5 tahun atau setara dengan lima semester di kampus, membuat mahasiswa melanjutkan studinya langsung di industri agar karier tercapai sesuai keahlian dan minatnya masing-masing.

Baca juga: BINUS University Masuk 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2025

“Program kuliah 2,5 tahun ini mulai berjalan sejak 2014 dan sampai saat ini terus memberikan dampak positif bagi mahasiswa kami. Sejak 2014-2023 tercatat ada lebih 96.000 mahasiswa yang mengikuti program ini dan kami sudah bermitra dengan 2.200 perusahaan,” ulas Nelly dalam temu Media di BINUS University, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Solusi Untuk Gen Z, Jalur Percepatan Kuliah


Mengutip data survei Angkatan Kerja Nasional yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, terjadi peningkatan pengangguran pada lulusan pendidikan tinggi. Dari yang semula 4,8% pada 2022 menjadi 5,10% pada 2023.

Berangkat dari kondisi tersebut, pihakBINUS menilai perlu membekali mahasiswa Gen Z dengan keahlian yang relevan. Lebih lanjut Nelly menuturkan, permasalahan yang dihadapi Gen Z saat ini dalam dunia kerja adalah kematangan secara emosional. Dengan lebih dekat ke dunia industri, maka mahasiswa akan lebih terasah sehingga kapasitas dirinya meningkat.

Baca juga: Tidak Ada PTN, Ini 2 Universitas Terbaik di Jakarta Versi QS WUR 2025

Program yang diusungBINUS memiliki perbedaan dengan kurikulum pendidikan perguruan tinggi selama empat tahun pada umumnya. Dengan waktu tempuh 2,5 tahun di kampus, mahasiswa selanjutnya dapat memilih satu dari tujuh tract (jalur) pembelajaran yang sesuai dengan minat serta rencana karier jangka panjang mereka.

Tujuh tract pilihan yang disediakan BINUS, yakni: entrepreneurship, research, internship, further study, community development, study abroad, dan specific independent study. Berdasarkan pilihan jalur kelulusan tersebut, kurikulum BINUS University menekankan pada pemaksimalan pembelajaran yang berfokus pada praktik kerja lapangan dan keterampilan di bidang teknologi.

Lahirkan Enterpreneur Muda


Kevin Jaya Wiguna, mewakili Gen Z yang mengikuti program ini mengungkapkan, dengan adanya program enrichment membuat dirinya menjadi developer game indie (mandiri) lebih awal. Hasilnya. memasuki semester enam, Kevin sudah meraup ratusan juta dan memiliki beberapa karyawan.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? 12 Prodi Binus Ini Punya Akreditasi Unggul BAN PT

Peluang tersebut, dinilai Kevin, meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk membangun karier sebagai developer game indie. Ia dapat berinteraksi langsung dengan para ahli dan membangun networking untuk mengembangkan game sendiri. “Pengerjaan skripsi pun saya tidak masalah, karena memang ini yang jadi bahan skripsinya,” bahas lulusan computer science BINUS University 2022 tersebut.

Dekatnya Mahasiswa dengan dunia industri, menurut Nelly, merupakan VisiBINUS University 2035 yang selaras dengan Indonesia Emas 2045. “Kami terus berinovasi untuk memberdayakan generasi muda agar lebih adaptif dan berkualitas sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan persiapan yang matang,” tutupnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)
pixels