Apa Itu UKBI Kemendikbud? Simak Materi dan Skor yang Harus Disiapkan

Jum'at, 28 Juni 2024 - 15:07 WIB
loading...
Apa Itu UKBI Kemendikbud? Simak Materi dan Skor yang Harus Disiapkan
UKBI Kemendikbud telah jadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa. Ini materi dan skor yang harus disiapkan. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - UKBI Kemendikbud telah jadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa . Karena itu perlu mengetahui materi apa yang akan dihadapi dan berapa skor yang harus diperoleh.

Melalui Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia (UKBI) Kemendikbud nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat khusus terkait kemahiran seseorang dalam berbahasa indonesia.

Baca juga: Nadiem Dorong Kalangan Profesional Manfaatkan UKBI untuk Tes Kemahiran Berbahasa

Bagi kalangan pelajar, sertifikat UKBI dapat dijadikan sebagai salah satu hal yang perlu dimiliki agar dapat dipertimbangkan dalam pemilihan jenjang pendidikan selanjutnya.

Sertifikat UKBI saat ini juga telah dijadikan sebagai pemenuhan syarat bagi pelajar dan mahasiswa dalam memperoleh beasiswa dari beberapa lembaga pemerintah dan swasta.

Pengertian UKBI Kemendikbud


Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, UKBI Kemendikbud adalah sarana uji untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis.

Baca juga: 11 Contoh Penulisan Kata yang Benar Menurut EYD KBBI, Susun Kalimat Dijamin Akurat

Setidaknya terdapat 70 perguruan tinggi di Indonesia yang telah menjadikan UKBI sebagai salah satu syarat kelulusan. Ada yang menerapkan UKBI untuk kelulusan mata kuliah Bahasa Indonesia dan ada yang menerapkannya untuk syarat mengikuti sidang skripsi, tesis, atau disertasi.

Selain itu, ada pula yang menerapkannya sebagai syarat kelulusan mahasiswa dari perguruan tinggi. Bahkan, ada pula yang sejak awal menjadikan UKBI sebagai syarat masuk perguruan tinggi, khususnya untuk mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dan mahasiswa asing.

Baca juga: Super Aplikasi Halo Bahasa Kemendikbudristek Hadirkan Fitur Unggulan untuk Masyarakat

Dalam UKBI Kemendikbud, peserta nantinya harus menghadapi sejumlah tes kemampuan yang terbagi menjadi lima seksi.

Materi UKBI Kemendikbud


1. Mendengarkan

Peserta akan mendengarkan wacana lisan berupa empat dialog dan monolog. Akan ada 40 soal yang harus dapat dikerjakan dalam waktu kurang dari 30 menit.

2. Merespon Kaidah

Seksi ini memiliki total 32 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit. Peserta nantinya harus dapat memilih opsi pengganti untuk sejumlah kalimat yang salah.

3. Membaca
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)
pixels