Tim Dosen FISIP UPNVJ Gelar PkM di SD Khalifah Krukut Kota Depok

Senin, 01 Juli 2024 - 13:54 WIB
loading...
Tim Dosen FISIP UPNVJ Gelar PkM di SD Khalifah Krukut Kota Depok
Dosen FISIP Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SD Khalifah Krukut Kota Depok, Kamis (6/6/2024). Foto/Ist
A A A
DEPOK - Tim Dosen FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SD Khalifah Krukut Kota Depok, Kamis (6/6/2024)

Mengusung tema Membangun Pondasi Karakter: Pengenalan SDG’s (Sustainable Development Goals) dalam Sistem Pendidikan Dasar, tim Dosen UPNVJ yang mengisi materi dalam PkM ini terdiri Nurfarah Nidatya, S.H.Int., MAIR. (Dosen S1 Hubungan Internasional FISIP UPNVJ), Ayu Wardani, M.A. (Dosen S1 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ), dan Anindita Lintangdesi Afriani, M.Si. (Dosen S1 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ).

Program PkM ini dihadiri oleh para siswa-siswi dari kelas V (lima) SD Khalifah Depok yang berjumlah lebih dari 30 orang beserta wali kelas pendamping berjumlah empat orang. Turut serta mendampingi adalah Kepala Sekolah SD Khalifah Krukut Depok, Ibu Mulyanah, S.Ag.

Rangkaian acara PkM ini merupakan perpanjangan dari PkM Dasar yang merupakan salah satu program atas dasar hibah internal universitas.“Kami sangat berterima kasih karena Ibu-Ibu Dosen sudah membagikan ilmu dan pengetahuannya mengenai SDG’s bagi siswa didik kami, semoga bisa terus bersilaturahmi untuk ke depannya,” ungkap Mulyanah, S.Ag., Kepala Sekolah SD Khalifah Krukut dalam keterangan resminya, Senin (1/7/2024)



Adapun pemilihan tema mengenai SDG’s bagi pendidikan dasar atas dasar bahwa agenda SDG’s merupakan agenda global yang bertujuan untuk menyelamatkan bumi dan manusia agar dapat hidup seimbang ke depannya serta berkelanjutan.

Sedangkan alasan lainnya dalam pemilihan tema SDG’s yakni selaras dengan misi Kota Depok yakni Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Berbasis Teknologi dan Berwawasan Lingkungan serta Mewujudkan Kota yang Sehat, Aman, Tertib, dan Nyaman

Seperti diketahui, terdapat 17 poin penting yang menjadi agenda SDG’s dalam mewujudkan kehidupan berkelanjutan. Di dalam PkM tim Dosen FISIP UPNVJ kali ini dijabarkan 4 poin yang menjadi agenda SDG’s, yakni poin ke-1 Tanpa Kemiskinan, poin ke-3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Poin ke-4 Pendidikan Berkualitas, serta poin ke-13 yakni Penanganan Perubahan Iklim.

Adapun tujuan yang ingin disampaikan dari materi presentasi PkM kali ini mengenai pengenalan ke-4 poin SDG’s ini yakni agar anak-anak di SD Krukut mampu memiliki karakter yang sesuai dengan tujuan keempat poin SDG’s tersebut, salah satu contohnya adalah membudayakan rajin menabung untuk mengurangi kemiskinan.

Sebelum pelaksanaan PkM, dilakukan terlebih dahulu pengisian Pre Test bagi siswa-siswi peserta, kemudian pengisian materi, sesi kuis yang berhadiah doorprize, pengisian post test, serta diakhiri dengan foto bersama bersama seluruh peserta.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)
pixels