Kerja Sama dengan Prancis, IHA Tingkatkan Kualitas Manajemen dan Kuratorial Museum

Selasa, 02 Juli 2024 - 12:54 WIB
loading...
A A A
Lima tema besar tersebut antara lain adalah proses pameran temporer, proses pameran permanen, praktik peminjaman koleksi, asuransi benda seni, dan perencanaan kesiapan bencana.

Chief Executive Officer France Muséums, Hervé Barbaret, mengatakan, "Berdasarkan pengalaman kami secara global, secara umum kami berkomitmen untuk mendukung museum di seluruh dunia dalam pembentukan dan transformasinya. Peningkatan kapasitas adalah inti dan DNA dari France Muséums. Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Indonesian Heritage Agency dalam tahap pertama pelatihan dan lokakarya ini," katanya.

"Merupakan suatu keistimewaan bagi kami untuk berpartisipasi dalam evolusi budaya Indonesia. Dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan kami dalam manajemen koleksi dan operasional, France Muséums Développement bertujuan untuk mendukung Indonesian Heritage Agency dalam mengatasi tantangan di masa depan, memastikan pelestarian warisan budaya Indonesia yang kaya, dan meningkatkan institusi-institusi budaya yang ada untuk generasi mendatang," tambahnya.

Program ini menciptakan ruang kolaborasi yang esensial, di mana interaksi dan berbagi pengetahuan antara peserta dan pemateri dari FMD melalui pendekatan peer-to-peer tidak hanya memperkaya wawasan, tetapi juga membangun jaringan profesional yang kuat. Tahap akhir dari program ini adalah pemberian rekomendasi inti dari FMD kepada IHA pada bulan September 2024, yang akan mendukung keberlanjutan dan kemajuan pengelolaan museum di Indonesia.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Fabien Penone, turut menghadiri kegiatan pembukaan dan turut menyampaikan dukungan serta komitmennya untuk kerja sama yang berkelanjutan antara Indonesia dan Prancis khususnya di bidang kebudayaan.

"Kami sangat mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan budaya antara Prancis dan Indonesia. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman demi kemajuan dan peningkatan pelestarian warisan budaya kedua negara."
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)
pixels