Gabung di Jejaring Perpustakaan Dunia, Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan Rusia

Selasa, 02 Juli 2024 - 14:56 WIB
loading...
Gabung di Jejaring Perpustakaan Dunia, Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan Rusia
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menjalin kerja sama dengan dua perpustakaan di Rusia. Foto/Perpusnas.
A A A
JAKARTA - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( Perpusnas ) menjalin kerja sama dengan dua perpustakaan di Rusia. Kedua perpustakaan tersebut yaitu Lembaga Kebudayaan Anggaran Negara Federal (Margarita Rudomino Seluruh Perpustakaan Negara Rusia untuk Sastra Asing) dan Perpustakaan Nasional Federasi Rusia.

Penandatanganan memorandum saling pengertian dilakukan pelaksana tugas (Plt.) Kepala Perpusnas E. Aminudin Aziz dengan kepala perpustakaan terkait.

Baca juga: Puncak Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2024, Ini 3 Pemenangnya

Plt. Kepala Perpusnas menyatakan jalinan kerja sama kelembagaan dengan para mitra di luar negeri merupakan upaya pihaknya untuk bertukar informasi dan pengalaman dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan kepada publik.

“Kita bisa saling belajar dari praktik baik yang dilakukan oleh para mitra dan juga oleh Perpusnas. Selain itu, kerja sama kelembagaan ini ditujukan untuk menjalin jejaring lebih luas dan menempatkan Perpusnas dalam peta kelembagaan mereka. Dengan demikian, ketika ada program berpotensi dikerjasamakan, Perpusnas dapat ikut andil di dalamnya,” ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (2/7/2024).

Baca juga: Perpusnas Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2024

Dia berharap jalinan kerja sama memberikan peluang kepada pegawai Perpusnas untuk berkiprah dalam jejaring perpustakaan dunia. “Intinya adalah saling bertukar informasi, gagasan, dan pengalaman untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat dan meningkatkan kemartabatan lembaga Perpusnas,” tuturnya.

Kerja sama dengan Lembaga Kebudayaan Anggaran Negara Federal (Margarita Rudomino seluruh Perpustakaan Negara Rusia untuk Sastra Asing), Plt. Kepala Perpusnas menyebut merupakan upaya pengumpulan koleksi naskah Nusantara dan koleksi Indonesiana yang ada di dunia.

Baca juga: Tok, Komisi X DPR Setujui Usulan Anggaran Perpusnas 2025

Sementara itu, Kepala Ad Interim Lembaga Kebudayaan Anggaran Negara Federal (Margarita Rudomino seluruh Perpustakaan Negara Rusia untuk Sastra Asing) Maria V. Belokolenko menjelaskan kerja sama dapat ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan seminar daring bidang kesastraan antara kedua negara. “Kami sangat ingin berkunjung ke Perpusnas sebagai kunjungan balasan,” jelasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)
pixels