AII Hubungkan Riset Sawit di Perguruan Tinggi sampai Tahap Komersialisasi

Selasa, 02 Juli 2024 - 19:35 WIB
loading...
AII Hubungkan Riset Sawit di Perguruan Tinggi sampai Tahap Komersialisasi
AII bekerja sama dengan BPDPKS untuk membantu inventor dalam mengatasi kendala komersialsiasi invensi riset. Foto/AII.
A A A
JAKARTA - Penelitian di bidang industri sawit semakin banyak dilakukan oleh pihak perguruan tinggi. Riset yang makin berkembang ini pun diperlukan guna mendukung sawit sebagai komoditas perkebunan strategis nasional.

Ketua Umum Asosiasi Inventor Indonesia (AII) Prof Didiek Hadjar Goenadi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk membantu inventor dalam mengatasi kendala komersialsiasi invensi riset khususnya tentang sawit.

Baca juga: BRIN Luncurkan 2 Skema Pendanaan Riset, Apa Saja? Cek Yuk!

"Kami memperkuat kemampuan inventor dalam berinvensi, dan membekali inventor dengan kemampuan memasarkan invensinya," katanya pada Valuasi dan Komersialisasi Teknologi Hasil Riset Kelapa Sawit Grand Riset Sawit (GRS) 2021-2023, melalui siaran pers, Selasa (2/7/2024).

Kerja sama antara BPDPKS dan AII untuk melakukan valuasi dan komersialisasi Teknologi Hasil Riset Kelapa Sawit yang dibiayai oleh BPDPKS sudah dilakukan sejak periode tahun 2021-2022, dilanjutkan dengan kerja sama tahap 2 periode tahun 2022-2023.

Pada GRS 2021-2023 ada 16 invensi yang siap komersialisasi dan sebagian besar merupakan riset dari perguruan tinggi. Misalnya, Pengembangan Mixed Matrix Membrane Berbasis Karbon Tertemplat Zeolit (KTZ) untuk Proses Pemisahan CO2 dari Biogas Palm Oil Mill Effluent dari LPPM ITS.

Baca juga: Peneliti Temukan Tanaman Endemik Madura Kamandin Saebo Berkhasiat Obati Sakit Gigi hingga Hipertensi

Kemudian juga ada invensi dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) UI, LPPM ITB, UGM, Institut Teknologi PLN, Unair, IPB, dan invensi dari Unila.

Dia menjelaskan, misi ini dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan mulai dari valuasi hingga promosi kepada industri yang potensial dengan core business yang sesuai dengan jenis invensi yang dihasilkan oleh para inventor.

Bagi BPDPKS kerjasama dengan AII ini mempercepat hilirisasi hasil riset (terutama berupa teknologi) yang dibiayai oleh BPDPKS untuk secara cepat dan luas dimanfaatkan oleh industri guna mendukung pembangunan industri kelapa sawit nasional yang tangguh di pasar global.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5324 seconds (0.1#10.140)
pixels