Presuniv Gelar Konferensi Internasional di Dua Kota Filipina Bahas Bisnis Keluarga

Kamis, 04 Juli 2024 - 12:21 WIB
loading...
Presuniv Gelar Konferensi Internasional di Dua Kota Filipina Bahas Bisnis Keluarga
Chairman ICFBE 2024 Iman Permana dan Lead Partnership ICFBE 2024 Maria Jacinta Arquisola. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BEKASI - President University (Presuniv) akan menyelenggarakan International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE) 2024 ke-8 di dua kota di Filipina, 9-10 Oktober 2024. ICFBE adalah konferensi internasional yang secara rutin diselenggarakan Fakultas Bisnis, Presuniv University (Presuniv).

ICFBE pertama kali diselenggarakan pada 2017 di kawasan wisata Sanur, Bali. Chairman ICFBE 2024 Iman Permana mengatakan, Presuniv sudah tujuh kali berturut-turut menggelar ICFBE. Selama kurun waktu tersebut, ICFBE sudah menghadirkan lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari kalangan akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintahan. ”Mereka datang dari 15 negara yang berbeda,” katanya dalam siaran pers, Kamis (4/7/2024).

Pada konferensi internasional tersebut, seluruh peserta akan membagikan hasil-hasil riset terbarunya, meng-up date berbagai informasi dan best practice yang terjadi di negaranya masing-masing terkait dengan bisnis keluarga dan kewirausahaan. Termasuk perubahan kebijakan dan kondisi perekonomian nasionalnya.

Tahun ini ICFBE mengusung tema Empowering Creativity and Innovation: Youth and Technopreneurship. Selaras dengan topik tersebut, wajah bisnis anak-anak muda tersebut akan menjadi salah satu topik menarik yang dikemas dalam research track Youth and entrepreneurship development. ”Dan, topik tentang peran anak-anak muda, bersama dengan sembilan research tracks lainnya, akan dibahas secara mendetail dalam ajang ICFBE 2024,” ujarnya.

Selain topik Youth and Entrepreneurship Development, terdapat sembilan research tracks lain. Yakni Agricultural and Fisheries Business; Technology and Advancement Innovation; Gender and Equality Empowerment; Family Business Governance and Entrepreneurship; Sustainability Development and Resilience; Education and Management; Legal Framework, Safety and Security; Food Sustainability, Health, and Nutrition; Leadership Practice and Organizational Administration.

Ada sejumlah tokoh yang akan menjadi pembicara dalam ajang ICFBE 2024. Dari kalangan akademisi, di antaranya, President & CEO ICSB yang juga profesor manajemen di George Washington University School of Business, Amerika Serikat Prof Ayman eTarabishy; Chairman ICSB yang juga International Chancellor Presuniv Prof Ki-chan Kim; Prof Rajesh Khajuria dari FPT University di Vietnam; Bambang Trigunarsyah; Assoc. Prof. of Project Management dari RMIT, Australia, Jhanghiz Syahrivar; pakar marketing dari Presuniv, dan beberapa pembicara lainnya.

Sementara, dari kalangan pemerintahan akan hadir dua gubernur dari Filipina, yakni Gubernur Iloilo, Arthur Defensor dan Gubernur Capiz, Fredenli Castro. Kemudian Wali Kota Iloilo Jerry P Trenas dan Wali Kota Roxas City Ronnie Davidas. Lalu, Rachel Nufable, Regional Director, Department of Trade and Industry, juga akan menjadi salah satu pembicara dalam ajang ICFBE 2024.

Dua anggota Kongres Filipina juga akan hadir, yakni James Ang Jr. dan Ferjenel Biron. Lalu, akan hadir pula Sekretaris Jenderal Philippine-Indonesia Business Council Norwin Mark Castro dan President Roxas City Filipino-Chinesse Chamber of Commerce Danile So Chan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo direncanakan juga akan menghadiri ICBFE 2024 tersebut. Dari kalangan bisnis, hadir sejumlah pengusaha terkemuka dari Filipina. Mereka adalah Edgar “Injap” Jaruda Sia II, Chairman Double Dragon Properties yang juga pendiri jaringan restoran Mang Inasal Fast Food; pemilik Bread Basket Haya Ong Viterbo, dan Jose Neri Ong, CEO & President Pueblo de Panay Inc.

Filipina menjadi pilihan setelah pada tahun sebelumnya, yakni ICFBE 2023 diselenggarakan di Kota Kuching, Sarawak, Malaysia. “Kami berharap ICFBE pada tahun-tahun berikutnya dapat diselenggarakan di berbagai kota di ASEAN, atau bahkan di Asia,” tuturnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)
pixels