Pejuang Kuliah Gratis Merapat! Ini 3 Beasiswa Dalam Negeri Tanpa LoA 2024

Selasa, 09 Juli 2024 - 13:15 WIB
loading...
Pejuang Kuliah Gratis...
Pemerintah saat ini masih membuka beasiswa dalam negeri jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa didaftar tanpa Letter of Acceptance (LoA). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 3 beasiswa dalam negeri tanpa LoA 2024 yang perlu diketahui para pejuang kuliah gratis . Kamu yang ingin melanjutkan studi di pendidikan tinggi tapi terbentur biaya maka melanjutkan studi dengan beasiswa menjadi salah satu solusi.

Pemerintah saat ini masih membuka beasiswa dalam negeri jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa didaftar tanpa Letter of Acceptance (LoA). Termasuk dalam hal ini beasiswa di dalam negeri.

LoA adalah surat atau tanda bukti apabila mahasiswa telah diterima di perguruan tinggi yang dituju. Ada dua jenis LoA yang perlu kamu perhatikan. Yaitu LoA Unconditional dan LoA Conditional. Apa saja beasiswa dalam negeri tanpa LoA? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

3 Beasiswa Pemerintah Tanpa LoA yang Masih Buka


1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)


Pemerintah melalui Kemenkeu membuka beasiswa LPDP yang punya satu jenis beasiswa di mana pesertanya tak perlu membuat LoA ataupun sertifikat Bahasa Inggris seperti TOEFL.

Jenis beasiswa ini ialah beasiswa afirmasi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat atau kelompok afirmasi. Seperti penyandang disabilitas, putra putri Papua, masyarakat prasejahtera, dan daerah afirmasi atau masyarakat dari 15 provinsi di Indonesia.

Pendaftar Daerah Afirmasi yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

Bantuan yang didapat dari LPDP antara lain:


Dana Pendidikan


· Dana Pendaftaran

· Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal

· Dana Tunjangan Buku

· Dana Penelitian Tesis/Disertasi

· Dana Seminar Internasional

· Dana Publikasi Jurnal Internasional

Dana Pendukung

· Dana Transportasi

· Dana Aplikasi Visa

· Dana Asuransi Kesehatan

· Dana Kedatangan

· Dana Hidup Bulanan

· Dana Lomba Internasional

· Dana Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

· Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Batas waktu pendaftaran beasiswa yakni pada tanggal 18 Juli 2024


2. Beasiswa Kemitraan Kominfo


Beasiswa dalam negeri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini sebetulnya lebih mengutamakan pendaftar dengan LoA. Namun dalam juknis Beasiswa Kemitraan Dalam Negeri Tahap 1, bila belum memiliki LoA maka para pelamar bisa mengajukan pendaftaran beasiswa langsung kepada salah satu perguruan tinggi pilihan, dengan melakukan pendaftaran daring serta mengirimkan berkas-berkas persyaratan melalui website. Lalu wajib ikut saringan masuk atau tes seleksi yang diadakan oleh perguruan tinggi sesuai kalender akademik masing-masing.

Tes seleksi mahasiswa dapat terdiri atas Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Tes kemampuan TIK, maupun Tes Wawancara berdasarkan ketentuan dan standar penerimaan mahasiswa yang berlaku di masing-masing kampus. Bantuan yang didapat jika lolos beasiswa ini yakni:

Dana Pendidikan

· Biaya Pendidikan (SPP)

· Tunjangan Buku

Dana Pendukung

· Biaya Operasional Bulanan

· Bantuan Publikasi Jurnal dan/atau Konferensi

Batas waktu pendaftaran: pada gelombang 1, pendaftaran ditutup tanggal 8 Juli. Masih ada tahap lain yang dibuka tahun ini.

3. Beasiswa Santri Berprestasi


Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenangan Agama atau Kemenag juga bisa didaftar tanpa LoA. Hanya saja bila daftar tanpa LoA maka pendaftar wajib mengikuti rangkaian tes yang lebih banyak daripada pendaftar dengan LoA.

Jalur tanpa LoA ini ialah jalur reguler. Pendaftar wajib mengikuti seleksi administrasi, seleksi berbasis elektronik, dan seleksi wawancara/tes lisan online.

Jika pendaftar dinyatakan lulus seleksi, yang bersangkutan dapat memulai mengurus administrasi perkuliahan sesuai ketentuan PTM. Bantuan yang didapat:

· Biaya Hidup

· Biaya Pendaftaran

· Biaya Matrikulasi – Jenjang S1

· Biaya Pendidikan (UKT/SPP dan Non-UKT)

· Biaya Transportasi (Tiket Datang/Pulang)

· Biaya Kedatangan (Settlement Allowance) - Jenjang S2/S3

· Biaya Tunjangan Buku

· Biaya Tunjangan Keluarga (S3)

· Biaya Asuransi Biaya Darurat

· Biaya Bantuan Skripsi/tesis/disertasi

Batas waktu pendaftaran: 13 Juli 2024

(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)