Pengajar dan Pelajar Belajar Teknologi Canggih Eksplorasi Laut Indonesia

Jum'at, 12 Juli 2024 - 09:51 WIB
loading...
Pengajar dan Pelajar...
OceanX, Kemenkomarvest, BRIN serta Tanoto Foundation menginisiasi kegiatan eksplorasi laut di Indonesia. Foto/Tanoto Foundation.
A A A
JAKARTA - Organisasi nirlaba eksplorasi kelautan global, OceanX, bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarvest), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Tanoto Foundation menginisiasi kegiatan eksplorasi laut di Indonesia. Pelajar dan pengajar pun turut serta dalam misi ini.

Kegiatan yang mengangkat tema “Misi Indonesia 2024” ini dilakukan dalam beberapa tahap untuk mengeksplorasi perairan di berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya, misi telah melakukan eksplorasi di perairan sekitar Batam, Aceh, Padang hingga Jakarta. Misi kemudian dilanjutkan ke kawasan perairan Indonesia bagian timur, di mana ini menjadi eksplorasi laut yang pertama kali dilakukan di wilayah tersebut.

Baca juga: Viral Website PMB Undip Diretas, Nama Prodi Diubah Jadi Cek Khodam hingga Ternak Lele

Para peneliti meneruskan fokus penelitian oseanografi dan geofisika dengan sejumlah bidang yang meliputi keanekaragaman hayati, iklim, paleo-klimatologi, mikroplastik, kualitas air, dan karakteristik geologi seperti zona Sunda Megathrust, yang memiliki implikasi yang signifikan terhadap mitigasi bencana alam di masa mendatang.

Berbagai metode dan peralatan digunakan untuk melakukan eksplorasi tersebut, mulai dari survei laut dalam menggunakan ROV dan penyelaman kapal submersible, survei laut dangkal dan dalam menggunakan sistem Baited-Remote Underwater Video (BRUV), hingga survei udara dari helikopter.

Co-CEO dan Chief Science Officer OceanX, Vincent Pieribone mengatakan pihaknya sangat senang menyaksikan kolaborasi yang luar biasa antara peneliti berbakat Indonesia dan peneliti internasional dalam misi ini.

“Temuan-temuan ini turut meningkatkan pemahaman Indonesia mengenai lingkungan laut, mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan, strategi konservasi yang efektif, dan upaya mitigasi bencana yang proaktif. Kami menyadari bahwa pemahaman mendalam tentang laut sangat penting untuk memitigasi perubahan iklim dan memastikan kesehatan dan keberlanjutan lautan dunia,” kata dia, melalui siaran pers, Kamis (11/7/2024).

Libatkan Pelajar dan Pengajar Indonesia

Selain para peneliti, OceanX juga berkolaborasi dengan Tanoto Foundation untuk melibatkan sejumlah pengajar dan pelajar guna bisa berkontribusi terhadap pendidikan sektor kelautan yang berkualitas dan mudah diakses secara luas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)