4 Hal yang Wajib Diperhatikan untuk Wujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri

Senin, 15 Juli 2024 - 16:21 WIB
loading...
4 Hal yang Wajib Diperhatikan...
Ada empat hal wajib yang diperhatikan untuk mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat hal wajib yang diperhatikan untuk mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri . Biaya hidup dan biaya kuliah merupakan salah satu yang mesti dipertimbangkan.

Trend kuliah di luar negeri memang meningkat di kalangan pelajar Indonesia. UNESCO pada 2021 mendata, sebanyak 59.224 pelajar Indonesia kuliah di luar negeri, dimana jumlahnya meningkat 21 persen dari tahun 2017.

Baca juga: Biaya Visa Pelajar Meroket, Guru Besar IPB: Kejayaan Pendidikan Australia Makin Memudar

Hal ini sebagai imbas banyaknya beasiswa yang disediakan pemerintah maupun swasta. Seperti beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Indonesia Maju, Jardine, Chevening, dan lainnya.

Namun menimba ilmu di luar negeri tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan, mulai dari biaya kuliah yang tinggi hingga persyaratan dokumen untuk mendaftar di universitas.

Baca juga: Kuliah di Kampus Terbaik Amerika Sulit Ditembus? Begini Tips dan Triknya

Mengetahui hal-hal ini sejak awal dapat membantu calon mahasiswa mengambil keputusan-keputusan penting dari jauh-jauh hari dan mempersiapkan diri dengan baik.

Dilansir dari Wise, berikut ini empat hal penting yang perlu diketahui pelajar Indonesia sebelum memutuskan kuliah di luar negeri .

4 Hal yang Wajib Diperhatikan untuk Wujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri

1. Biaya Kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri


Biaya kuliah tentunya menduduki posisi pertama pertimbangan untuk lanjut kuliah, tidak hanya di luar negeri namun juga di dalam negeri. Kekuatan finansial ini yang menjadi langkah penentu kesuksesan kuliah sampai wisuda.

Baca juga: Ini 20 Beasiswa Luar Negeri yang Buka Pendaftaran di Bulan Juni hingga September

Berikut adalah kisaran rata-rata biaya kuliah tahunan universitas negeri di beberapa negara favorit pilihan pelajar Indonesia:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)