Mobil Bimasakti UGM Siap Kibarkan Merah Putih di Sirkuit Catalunya, Lawan Berat Menanti

Senin, 15 Juli 2024 - 16:45 WIB
loading...
Mobil Bimasakti UGM...
Mobil Bimasakti UGM generasi ke-13 (BM-13 Formula) akan mewakili Indonesia di ajang Formula Student Spain 2024. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Mobil Bimasakti UGM generasi ke-13 (BM-13 Formula) akan mewakili Indonesia di ajang Formula Student Spain 2024. Lomba akan digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol , pada 1-7 Agustus 2024 mendatang.

Mobil BM-13 formula merupakan hasil rancangan setahun penuh, yang diluncurkan pekan lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Mobil Bimasakti generasi ke-13 hadir mendapat dukungan dari Wonderful Indonesia – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai exclusive main sponsor. Juga mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Pertamina sebagai platinum sponsor.

Baca juga: Inovasi Keren, Mahasiswa UGM Buat Robot Pengukur Kemiringan Lantai

Untuk tahun ini, Mobil Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team UGM generasi 13 siap untuk mengejar pencapaian yang baru untuk mengharumkan nama bangsa dengan menargetkan 1st Place Business Plan Presentation, Top 5 Engineering Design, Top 5 Cost and Manufacturing, Top 5 Dynamics Event disertai dengan beragam pencapaian lainnya dalam semua cabang perlombaan yang terdapat di Formula Student Spain.

Pada tahun sebelumnya, Bimasakti berhasil menjadi Tim Formula Student pertama dari Indonesia yang berlaga di Italia yang berhasil membanggakan nama Indonesia dengan prestasi di antaranya 1st Place Business Plan Presentation dan Top 5 Dynamic Event melawan tim-tim besar dunia seperti tim dari Eropa. Tahun ini, seluruh anggota tim dengan yakin menargetkan perolehan yang lebih tinggi demi harumnya nama bangsa.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa UGM, Biogas Portabel Ubah Sampah Jadi Energi Alternatif

Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan peluncuran mobil ini bukan hanya sebuah pencapaian luar biasa bagi Tim Bimasakti tetapi juga merupakan bukti nyata semangat inovasi, kerja keras, dan dedikasi semua anggota Bimasakti.

“Semua berharap kesiapan Bimasakti di Formula Student Spain mampu mengenalkan pesona destinasi wisata Indonesia melalui brand Wonderful Indonesia,” katanya, dikutip dari laman UGM, Senin (15/7/2024).

Baca juga: Kembangkan Inovasi Teknologi Pascapanen, UGM Kolaborasi lewat Hibah Penelitian

Team Captain Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team Generasi 13 Leander Axellino menjelaskan Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team akan kembali berlaga di Formula Student Spain 2024.

“Pikiran, tenaga, serta waktu kami kerahkan untuk mengharumkan nama Indonesia ke kancah Internasional. Doa restu dari Bapak/Ibu sekalian sangat kami butuhkan untuk kelancaran kami menggapai segala target yang nantinya akan menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Leander Axellino menjelaskan Formula Student Spain merupakan salah satu seri kompetisi formula student yang diselenggarakan oleh SAE Internasional.

Kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan dengan partisipan yang berasal dari negara Eropa seperti Spanyol, Prancis, Portugal, Turki, Itali, Romania, dan beberapa negara di luar Eropa.

Berdasarkan Formula Student World Ranking, Formula Student Spain memiliki tingkat kompetisi yang tinggi dibanding dengan kompetisi yang diikuti oleh Bimasakti pada tahun sebelumnya, yaitu Formula Student Italy.

Baca juga: Inovasi Speaker Bluetooth Multifungsi dari Limbah Plastik Karya Mahasiswa UGM

Diikuti oleh 110 tim Formula Student dari 26 negara, Formula Student Spain merupakan tantangan yang baru untuk terus memicu perkembangan dan pertumbuhan positif dari performa Wonderful Bimasakti Racing Team generasi 13.

Terdapat dua event dalam kompetisi ini, yaitu dynamic event yang berhubungan langsung dengan mobil termasuk kecepatan, kekuatan, dan skidpad, dan static event terdiri atas cost event dan business plan.

Tahun ini, tim Bimasakti berusaha meningkatkan performa tim dari berbagai macam aspek. Dari sisi operasional tim, setelah 13 tahun Tim Bimasakti dibentuk, untuk pertama kalinya Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team akan membawa konsep Grand Launching yang menarik. Berbeda dengan sebelumnya, Bimasakti kali ini akan mengenalkan ke seluruh dunia keindahan Indonesia lewat Pertamina Mandalika International Circuit.

Dari sisi teknis mobil, untuk menunjang penampilan yang baik Bimasakti berhasil mengembangkan mobil dengan 4 prinsip design yaitu ringan melalui Bodywork serta Aerodynamic Devices yang terbuat dari carbon fibre reinforced polymer (CFRPs).

Cepat yaitu peningkatan performa mesin melalui tahap perancangan, simulasi, dan validasi yang baik dan terukur. Efisien, melalui penggunaan adjustable fuel mapping. Ergonomi, dimana kokpit disesuaikan langsung dengan postur driver.

“Itulah keunggulan dalam proses manufaktur tahun ini yang harapannya, akan mendorong Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team untuk keep accelerating forward dan bikin bangga Indonesia,” pungkasnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)