Kamu Lulusan IPS? Ini 5 Jurusan Kuliah Favoritnya di Perguruan Tinggi, Sastra hingga Jurnalistik

Rabu, 17 Juli 2024 - 12:54 WIB
loading...
Kamu Lulusan IPS? Ini...
Jurnalistik menjadi salah satu jurusan atau prodi favorit anak lulusan IPS ketika berada di bangku kuliah perguruan tinggi. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah favorit anak IPS di perguruan tinggi. Saat masuk SMA, sebagian besar sudah masuk ke penjurusan. IPA, IPS dan beberapa sekolah ada yang membuka kelas bahasa.

Dari penjurusan yang diambil di SMA tersebut akan membantu dilihat pilihan jurusan ketika mereka melanjutkan studi di bangku kuliah nanti. Khusus anak IPS, lalu jurusan apa yang cocok? Untuk menjawabnya, melansir dari Instagram @masukptn, artikel kali ini akan membahasnya,simak ya!

5 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS


1. Sastra


Jurusan sastra jadi salah satu pilihan anak IPS. Apalagi kalau memang suka belajar bahasa baru, jurusan sastra jadi pilihan tepat.
Tidak hanya Bahasa Inggris saja, tapi bisa juga belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Jawa dan yang lain.

Kamu tinggal pilih saja sastra mana yang sesuai dengan minatmu. Sastra yang favorit karena prospek kerjanya yang terbuka lebar. Mulai dari penerjemah, dosen dan bisa berkarir ke kedutaan besar.


2. Jurnalistik


Anak IPS juga banyak yang memiliki program studi Jurnalistik.Di sini mahasiswa akan membantu mengasah seluruh pikiran kamu. Tidak hanya jadi lebih kritis secara pemikiran.

Tapi juga mendalami ilmu penulisan, public speaking dan juga memecahkan masalah.Profesi lulusan Jurnalistik seperti wartawan media elektronik seperti TV atau radio, media cetak, analis media hingga peneliti.

3. Ilmu Politik


Suka dengan isu-isu politik dalam dan luar negeri? Bisa masuk jurusan Ilmu Politik. Di sini kalian akan mendapat mata kuliah sosiologi, antropologi hingga tentang HAM. Tentu saja kuliah di Ilmu politik tidak sebatas jadi politikus. Tapi juga bisa jadi analisis politik, dosen, pengamat dan yang lain

4. Hubungan Internasional


Mahasiswa HI akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, hajian sosial dan yang lain. Lulusan HI akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS dan yang lain.

5. Bisnis dan Manajemen


Ingin jadi pengusaha? Bisnis dan Manajemen ini cocok untuk kamu yang di SMA ambil IPS. Jurusan kuliah IPS ini selalu saja ramai peminat, karena prospek karirnya yang cemerlang. Di sini mahasiswa akan belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi dan yang lain
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)