Gandeng Industri Retail, Kemendikbudristek Siapkan SDM Vokasi Terampil

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:03 WIB
loading...
Gandeng Industri Retail,...
Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menggandeng industri retail untuk menciptakan SDM vokasi terampil. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek memperbanyak kerja sama dengan industri untuk membantu penyerapan lulusan vokasi ke dunia kerja. Salah satunya dengan industri retail.

Plt Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda mengatakan, Kebijakan Merdeka Belajar saat ini menjadi jembatan yang baik dalam meningkatkan penyelarasan atmosfer dunia industri dengan lembaga pendidikan.

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Ini 5 Kelebihannya

"Sehingga, ke depannya lulusan dari Satuan Pendidikan Vokasi akan meningkatkan daya saing secara sumber daya manusia di industri retail," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (17/7/2024).

Salah satu industri retail yang digandeng adalah dengan PT Mitra Akademi Perkasa (MAP Retail Academy). Sebanyak 40 satuan pendidikan vokasi (SPV) di wilayah Jabodetabek ikut dalam program bersama ini.

Baca juga: Majukan Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek akan Gelar SkillsIndonesia 2045

Uuf menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat menjadi sinergitas dalam pembelajaran pendidikan vokasi dengan kebutuhan di industri, terutama industri ritel.

Selain itu, kerja sama ini diharapkan dapat menyiapkan siswa vokasi agar lebih terampil ketika terjun di dunia kerja di bidang ritel.

Uuf juga menjelaskan bahwa agenda kolaborasi dengan MAP Retail Aacedemy ini diharapkan dapat menjadi pilot project untuk dikembangkan ke berbagai daerah karena daya serap dari kebutuhan MAP Group juga sangat besar sehingga pendidikan di vokasi juga mampu menjadi jawaban bagi para pelaku industri di Indonesia.

Baca juga: Mau Kuliah Vokasi Menantang? Ini 5 Jurusan Unik Politeknik dengan Prospek Cerah
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)