Pejuang Kuliah Gratis di ASEAN, Ini 6 Beasiswa S1-S3 ke Singapura

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:19 WIB
loading...
Pejuang Kuliah Gratis...
Singapura menjadi salah satu negara Asia Tenggara dan juga Asia yang memiliki banyak universitas berkualitas dunia. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jenis beasiswa kuliah ke Singapura yang perlu diketahui para pejuang kuliah gratis. Singapura menjadi salah satu negara Asia Tenggara dan juga Asia yang memiliki banyak universitas berkualitas dunia.

Namun terkadang banyak orang yang terkendala biaya untuk melanjutkan studi ke Negeri Singa. Namun jangan khawatir, fasilitas beasiswa studi ke Singapura saat ini banyak. Artikel kali ini akan membahas daftar 6 beasiswa ke Singapura yang bisa dimanfaatkan warga Indonesia, simak ya!

6 Beasiswa Kuliah di Singapura


1. Beasiswa LPDP


Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah beasiswa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk warga Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3.

Beasiswa membuka kesempatan warga Indonesia untuk kuliah di beberapa kampus terbaik di Singapura seperti NUS, Nanyang Technological University (NTU) dan Singapore University of Technological and Design (STUD).

2. Beasiswa Indonesia Maju


Beasiswa Indonesia Maju (BIM) adalah beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). BIM terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non-gelar (non-degree) dan terbuka untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 dan S2.



Pada beasiswa khusus Singapura, BIM hanya mengakomodir lanjutan pendidikan jenjang S1 dan juga membuka kesempatan warga Indonesia untuk kuliah di kampus terbaik Singapura seperti NUS dan NTU.

3. ASEAN Undergraduate Scholarship


Beasiswa Asean Undergraduate Scholarship adalah beasiswa yang ditujukan untuk mendukung mahasiswa baru berprestasi dari negara-negara anggota ASEAN kecuali Singapura. Beasiswa ini membuka kesempatan pendaftarnya kuliah di NUS, NTU dan, STUD.

4. Goh Keng Swee Scholarship


Beasiswa Dr. Goh Keng Swee (GKS) terbuka bagi mahasiswa yang merupakan warga negara atau pemegang paspor Brunei, Kamboja, Tiongkok, Hong Kong SAR, India, india, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Beasiswa ini juga membuka kesempatan pendaftarnya kuliah di NUS, NTU dan, STUD. 5. ASEAN Maybank Scholarship Program beasiswa ini dirancang untuk memberikan beasiswa penuh kepada warga negara ASEAN yang muda, berbakat, dan berprestasi.

Warga ASEAN bisa melanjutkan program sarjana mereka di universitas terkemuka di luar negara asal, tetapi masih dalam kawasan ASEAN. Beasiswa ini juga membuka kesempatan pendaftarnya kuliah di NUS dan NTU, tapi tidak termasuk kuliah di STUD.

5. Singapore International Graduate Award


Singapore International Graduate Award (SINGA) merupakan beasiswa S3 hasil kerja sama antara Agency for Science, Technology & Research, NTU, NUS, SUTD, Singapore Management University (SMU) , dan Singapore Institute of Technology (SIT).

Beasiswa ini bebas ikatan dan diberikan kepada mahasiswa internasional dengan hasil akademik sarjana atau magister yang sangat baik, dan minat yang kuat dalam melakukan penelitian untuk meraih gelar doktor (PhD) atau EngD dalam bidang Sains dan Teknik di Universitas Singapura.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)