PPNS Ciptakan Alat Monitoring Bawah Laut, Berguna untuk Perikanan hingga Misi SAR

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:50 WIB
loading...
PPNS Ciptakan Alat Monitoring...
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) membawa alat monitoring bawah laut yang multifungsi di pameran Indo Livestock 2024 Expo & Forum. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berhasil menciptakan peralatan monitoring bawah laut . Inovasi mereka bisa dimanfaatkan untuk sektor perikanan hingga membantu kerja tim SAR.

Inovasi mendorong lingkungan yang mendukung penelitian dan pengembangan. Ini penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk memecahkan masalah-masalah besar yang dihadapi oleh masyarakat.

Baca juga: Di Tangan Mahasiswa Unpad, Limbah Jengkol Disulap Jadi Sabun

Sementara perkembangan teknologi dan perubahan ekonomi yang cepat memerlukan perguruan tinggi untuk terus berinovasi agar tetap relevan dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi dan teknologi.

Pentingnya inovasi ini ditangkap oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ini dengan membuat alat monitoring bawah laut, Remotely Operated Vehicle (ROV) Rowamba.

Baca juga: Canggih! Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Ciptakan Aplikasi Pengenal Wajah

Menurut Dosen PPNS Budiarto, ROV yang dikembangkan kampusnya ini adalah kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh yang dirancang untuk berbagai tugas di bawah air.

"Peralatan monitoring ini bisa untuk menginspeksi lambung kapal, perikanan, pemantauan terumbu karang, juga untuk misi SAR," katanya di stand Indo Livestock 2024 Expo & Forum, dikutip Kamis (18/7/2024).

Secara rinci, ROV garapan PPNS ini bisa menjelajahi dasar laut untuk wisata dan konservasi, pemantauan kehidupan laut dan mengampel sampel air dan sedimen, mengecek struktur keramba ikan, kapal dan bangunan lepas pantai untuk kerusakan dan kebocoran, hingga mendukung operasi penyelamatan sektor maritim, dan juga memperbaiki atau memasang peralatan di bawah air.

Budiarto menjelaskan, ROV ini merupakan hasil kolaborasi antar program studi (prodi), yaitu prodi Teknik Perancangan dan Konversi Kapal serta Teknik Otomasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)