Fakultas Kedokteran UKI Raih Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes

Jum'at, 19 Juli 2024 - 11:31 WIB
loading...
Fakultas Kedokteran...
Fakultas Kedokteran (FK) UKI berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes.). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Kristen Indonesia (UKI) berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes.)

Secara rinci akreditasi Unggul FK UKI itu yakni untuk Program Studi Sarjana Kedokteran FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0365/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2024 dan Program Studi Profesi Dokter FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0366/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2024.

Dekan FK UKI, Dr. dr. Robert Sinurat, Sp.BS (K) menjelaskan bahwa salah satu misi Fakultas Kedokteran UKI adalah menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan inovatif berlandaskan nilai kristiani dan semangat nasionalisme dengan keunggulan pada bidang stunting dan penyakit tropis.

“Kami memiliki kegiatan Tri Dharma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerja sama FK UKI dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, yaitu program “Live In” yakni mahasiswa FK UKI tinggal di desa, belajar di puskesmas, melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, khususnya untuk membantu upaya menurunkan angka stunting, yang disupervisi ataupun dibimbing oleh dosen FK UKI,“ ujar Robert dalam keterangan resminya, Jumat (19/7/2024).



Menurut Robert, FK UKI berhasil meraih Akreditasi Unggul karena peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah para dosen. Dan juga penelitian hasil kolaborasi dosen dengan mahasiswa maupun dengan mitra yang terpublikasi pada jurnal internasional.

Demikian juga penelitian dosen yang mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang menghasilkan karya inovasi suatu prototipe Virtual Reality yang dapat membantu pembelajaran mahasiswa dalam praktikum. Selain itu juga berbagai prestasi nasional dan internasional mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik (minat dan bakat).

“FK UKI berkomitmen meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidang kedokteran, serta mampu bersaing di tingkat Asia, terutama ASEAN,” tambahnya.

Saat ini FK UKI juga sudaj mempunyai Rumah Sakit Pendidikan Utama sendiri yang letaknya di samping kampus FK UKI serta Rumah Sakit Pendidikan Jejaring (satelit dan afiliasi) yang tersebar di Jakarta dan luar Jakarta.

Sarana prasarana proses pembelajaran di FK UKI antara lain ruang kuliah ampiteater dan datar, laboratorium multidisiplin, ruang skills-laboratory, ruang tutorial lengkap dengan e-board, laboratorium komputer, serta perpustakaan yang lengkap dan mahasiswa dapat mengakses buku dan jurnal digital dengan akun masing-masing.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)