Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:18 WIB
loading...
Mengenal Profil Pelajar...
Profil Pelajar Pancasila beserta pengertian dan manfaat enam elemen-nya akan dijelaskan dalam artikel ini. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Profil Pelajar Pancasila beserta pengertian dan manfaat enam elemen-nya akan dijelaskan dalam artikel ini. Para pelajar Indonesia perlu mengetahui informasi ini supaya visi dan misi Kemendikbudristek dapat tercapai.

Baca juga: Menjaga Persatuan dengan Selalu Menghayati Pancasila

Profil Pelajar Pancasila ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Baca juga: Masihkah Pancasila Dijadikan Acuan Kebijakan Publik

Pada dasarnya Pelajar Pancasila adalah wujud para pelajar Indonesia yang dapat mewakili kompetensi global dengan cara bersikap dan berlaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Baca juga: Impor Rektor Dinilai Bertentangan dengan Pancasila

Pelajar Pancasila memiliki enam ciri atau elemen utama, yakni bertakwa pada Tuhan, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan kritis. Berikut ini penjelasan keenam ciri tersebut.

6 Elemen Profil Pelajar Pancasila

1. Beriman dan Bertakwa Pada Tuhan Yang Maha Esa


Pelajar Pancasila diwajibkan memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ini menjadi dasar menumbuhkan sikap mulia baik dalam hubungannya dengan Tuhan maupun dengan individu lain.

Baca juga: Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

2. Berkebinekaan Global


Elemen dan kunci kebhinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengamalan kebhinekaan.

3. Gotong Royong


Pelajar Indonesia diharapkan dapat melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

4. Mandiri


Para pelajar diharapkan dapat mandiri dan bertanggung jawab atas proses dan hasil yang didapat. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

5. Kritis


Kritis disini adalah mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

6. Kreatif


Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Untuk bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sejak pendidikan dasar, Direktorat Sekolah Dasar telah meluncurkan Gerakan dan Buku Tunas Pancasila.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)