Dzikru Lulus Kuliah Tanpa Skripsi dengan Hafalan Al-Qur'an di UMM, Ini Sosoknya

Kamis, 25 Juli 2024 - 09:09 WIB
loading...
Dzikru Lulus Kuliah...
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dzikru Izzudin berhasil lulus kuliah tanpa skripsi. Foto/UMM.
A A A
MALANG - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dzikru Izzudin berhasil lulus kuliah tanpa skripsi. Ia adalah penghafal Al-Qur'an yang sering memenangi lomba.

Baca juga: 5 Kampus yang Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Dzikru adalah salah satu mahasiswa Fakultas Agama Islam di UMM. Dari berbagai ajang musabaqah hifdzil quran (MHQ) ia merajut prestasi lulus kuliah tanpa skripsi.

Baca juga: Tugas Akhir Jadi Momok? Ini 5 Kampus yang Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Ia menjelaskan, ia memang mempunyai bekal hafalan 30 juz Al-Qur'an selepas dari pondok pesantren. Kemudian saat kuliah ia mengikuti UKM ) Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UMM.

UKM itu ia ikuti untuk menjaga amalannya. Selain itu juga untuk menambah teman baru dan ustaz untuk memurojaah hafalan yang ia kuasai.

Baca juga: Bisa Lulus Cum Laude Tanpa Skripsi dan KKN, Ini Sosok Mahasiswa UNY Sahid Ramandhani

Saat masih menjadi mahasiswa baru, mahasiswa asli kota Malang itu tidak pernah terpintas untuk bisa mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional. Menurutnya, ia tidak bisa melawan rasa minder ketika melihat teman yang lebih hebat darinya. Namun motivasi dari ustaz pembimbingnya membuatnya memberanikan diri.

“Salah satu lomba MHQ tingkat Nasional yang saya ikuti berlokas di Universitas Muhammadiyah Riau. Yakni agenda Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Saat itu, saya dan tim harus berkompetisi dengan berbagai kampus besar lainnya. Alhamdulillah kami berhasil membawa juara,” katanya.
Dzikru Lulus Kuliah Tanpa Skripsi dengan Hafalan Al-Qur'an di UMM, Ini Sosoknya

Dzikru mengatakan bahwa setiap ikut perlombaan MHQ, ia juga selalu mempelajari tafsiran yang ada. Ditambah dengan memperdalam ilmu dari beberapa kitab untuk menambah pengetahuan ketika menjawab pertanyaan.

Menariknya, dari berbagai prestasi yang dicapai, Dzikru berkesempatan mengonversi mata kuliah. Selain itu juga karena sukses menghafal 30 juz Alquran. Ia juga bisa masuk ke program Merdeka Belajar dengan hafalan minimal 5 uaz dan membuatnya bebas skripsi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)