Deretan 5 Rektor PTKIN Terbaik di Indonesia, Kampusmu Nomor Berapa?

Kamis, 25 Juli 2024 - 14:53 WIB
loading...
Deretan 5 Rektor PTKIN...
Ini adalah lima rektor PTKIN terbaik di Indonesia yang masuk Webometrics 2024. Salah satunya Prof Asep Saepudin Jahar, Rektor UIN Jakarta. Foto/UIN Jakarta.
A A A
JAKARTA - Ini adalah lima rektor PTKIN terbaik di Indonesia yang kampusnya masuk daftar Webometrics 2024. Dalam beberapa tahun terakhir, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) semakin menarik minat para calon mahasiswa.

Baca juga: Profil Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, PTKIN Akreditasi A dari BAN-PT

PTKIN menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan basis nilai-nilai keislaman.

PTKIN mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap aspek pembelajaran. Kurikulum yang ditawarkan tidak hanya fokus pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memperkuat pemahaman dan pengamalan ajaran Islam. Hal ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia.

Baca juga: Daftar Biaya Kuliah Top 5 PTKIN di Indonesia, Ada Kampus Impianmu?

Jalur masuk PTKIN bermacam-macam dan perlu juga diketahui oleh mahasiswa baru. Satu di antaranya adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN).

Ini adalah pola seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi Islam negeri (PTKIN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, seperti portofolio, untuk menilai para pelamar, tanpa ada ujian tulis.

Baca juga: 9 PTKIN Akreditasi Unggul, Bisa Jadi Referensi Kampus Tujuan

Berdasarkan pemeringkatan Webometrics 2024, ada puluhan PTKIN di seluruh Indonesia yang masuk dalam daftar. Dari deretan PTKIN yang masuk daftar Webometrics, berikut ini 5 PTKIN terbaik dan rektor yang memimpin kampusnya.

5 Rektor PTKIN Terbaik di Indonesia

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


UIN Syarif Hidayatullah saat ini dipimpin oleh Prof Asep Saepudin Jahar periode 2023-2027. UIN Jakarta pada pemeringkatan Webometrics 2024 masuk ke ranking 23 terbaik di Indonesia dan 2.053 ranking dunia.

Asep Saepudin Jabar lahir di Pandeglang, 16 Desember 1969. Sebelumnya, lulusan Pondok Modern Gontor ini adalah Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta pengganti antar waktu periode 2019-2023.

Ia menggantikan Jamhari Makruf yang kini diangkat menjadi wakil rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) pada periode yang sama.

2. UIN Sunan Gunung Djati Bandung


UIN Sunan Gunung Djati Bandung berada di peringkat 30 terbaik nasional di Webometrics dan 2.507 dunia yang saat ini dipimpin Rektor Prof. Dr. Rosihan Anwar.

Rosihan Anwar sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor UIN Bandung. Ia lulusan S1 UIN pada 1993 lalu lanjut S2 dan lulus pada 1996. Ia ambil kuliah S3 di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dan lulus pada 2005.

3. UIN Sunan Ampel Surabaya


Saat ini UIN Sunan Ampel Surabaya yang berada di ranking 71 nasional dan 4.518 dunia ini dipimpin oleh Rektor Prof Akh. Muzakki periode 2022-2026. Dikutip dari laman Kominfo Pemprov Jatim, Prof Zaki, panggilan akrabnya, lahir di Sidoarjo, 9 Februari 1974.

Akhmad Muzakki merampungkan pendidikan formal di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama, melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri, semua di Sidoarjo.

Ia meraih peraih gelar Ph.D dari The University Of Queensland, Australia dan merupakan guru besar termuda di UIN Sunan Ampel.

4. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang


UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ada di ranking 84 terbaik di Indonesia dan peringkat 5.244 perguruan tinggi dunia di Webometrics 2024.

Saat ini UIN Malang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. M Zainuddin untuk periode 2021-2025. Ia adalah dosen Filsafat dan Pemikiran Islam pada Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang lahir di Bojonegoro, 7 Mei 1962.

Ia memperoleh gelar Doktorandus (Drs.) dari Fakultas Adab jurusan Sejarah Kebudayaan Islam IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta tahun 1986. Master of Art (M.A) diperoleh dari perguruan tinggi yang sama dalam Ilmu Pendidikan Islam tahun 1992.

Dikutip dari laman UIN Malang, M Zainuddin pernah nyantri di Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas, Jombang dan memulai kariernya dengan menjadi dosen pada Fakultas Syari’ah Universitas Islam Malang (UNISMA) tahun 1988.

5. UIN Raden Intan Lampung


UIN Raden Intan Lampung ada di peringkat 85 nasional dan 5.333 dunia di Webometrics 2024 yang saat ini dipimpin Prof Wan Jamaluddin periode 2022-2026.

Dikutip dari laman NU Online, Wan Jamaluddin dilahirkan di Bandar Lampung, 21 Maret 1971. Pendidikan formalnya di SD Negeri Rawalaut, Bandar Lampung, SMP Darussalam Tegineneng, MAN 1 Bandar Lampung.

Sedangkan pendidikan sarjana ia tempuh di IAIN Raden Intan Lampung, magister di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan terakhir doktoral di Departement of History of Middle and Near-East Cou, Rusia, 2003. Ia merupakan Profesor atau Guru Besar Sejarah Peradaban Islam.

Demikian 5 rektor di PTKIN terbaik di Indonesia yang masuk peringkat Webometrics 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)