Sering Jadi Syarat Beasiswa, Ini Perbedaan Antara IELTS dan TOEFL

Selasa, 06 Agustus 2024 - 07:30 WIB
loading...
Sering Jadi Syarat Beasiswa,...
Kemempuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang biasanya dijadikan syarat pengajuan beasiswa ke lur negeri. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara IELTS dan TOEFL yang perlu diketahui para pejuang beasiswa. Sudah menjadi kelaziman bahwa salah satu syarat mendaftar beasiswa khususnya ke luar negeri peserta wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris

Kemahiran berbahasa Inggris ini biasa dibuktikan dengan adanya sertifikat. Setidaknya ada dua sertifikat kemampuan berbahasa Inggris yang lazim dijadikan syarat beasiswa yakni IELTS dan TOEFL. Mengutip dari Instagram @elevau.id, artikel kali ini akan membahas perbedaan antara keduanya, simak ya!

Perbedaan Antara IELTS dan TOEFL


1. Bahasa Inggris yang digunakan


Perbedaan pertama antara IELTS dan TOEFL terletak yaitu terletak pada Bahasa Inggris yang digunakan. Terdapat dua Bahasa Inggris terpopuler yang digunakan yaitu British (United Kingdom) dan juga Amerika (Unites State).

TOEFL digunakan untuk menguji atau mengetes kemampuan Bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Sementara itu, IELTS (International English Language Testing System) digunakan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris dengan aksen British.

2. Dilihat dari jenisnya


Perbedaan kedua antara IELTS dan TOEFL yaitu terletak pada jenisnya. Seperti diketahui bahwa tes menguji kemampuan Bahasa Inggris memiliki banyak jenis. Untuk TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Internet Based Test (iBT) yang dilakukan secara online dan diakui secara internasional.



Selanjutnya yaitu ada Institutional Testing Program (ITP) yang melibatkan ujian tertulis menggunakan kertas dan biasanya hanya berlaku di Asia.

Sementara itu, IELTS terdiri dari dua jenis.Pertama, IELTS Academic yang materinya lebih berkutat pada seputar dunia akademik.
Kedua yaitu IELTS General Academic yang lebih menekankan kemampuan Bahasa Inggris dalam konteks pekerjaan atau sehari -hari.

3. Kemampuan yang diujikan


Perbedaan selanjutnya antara IELTS dan TOEFL yaitu dilihat dari kemampuan yang diujikan. TOEFLterdiri dari beberapa tes yaitu listening (mendengarkan), structure and written expression (struktur dan ekspresi tertulis), reading chomprehension (pemahaman bacaan) dan written english test (tes menulis Bahasa Inggris).

Sementara IELTS sama seperti tes TOEFL, hanya saja ada tambahan sesi speaking (berbicara) yang nantinya harus berhadapan langsung dengan penguji untuk menjawab pertanyaan.

4. Kegunaan tes


Salah satu perbedaan antara TOEFL dan IELTS bisa dilihat dari kegunaan tes itu sendiri. Tes TOEFL banyak digunakan untuk kebutuhan pendidikan terutama untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke universitas di Amerika Serikat, Kanada dan sekitarnya.

Sementara itu, tes IELTS banyak digunakan sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris, Selandia Baru, Australia dan negara-negara Commonwealth lainnya.

5. Sistem penilaian


Sistem penilaian menjadi salah satu perbedaan antara tes TOEFL dan IELTS.Di mana TOEFL iBT akan menggunakan penilaian minimal 0 - maksimal 120 dan TOEFL ITP minimal 0 - maksimal 677. Sementara itu sistem penilaian di IELTS sendiri yaitu minimal 0 - maksimal 9,0.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)