8 Sertifikat Bahasa Inggris untuk Belajar atau Bekerja di Luar Negeri, Sudah Punya Belum?

Rabu, 13 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
8 Sertifikat Bahasa Inggris untuk Belajar atau Bekerja di Luar Negeri, Sudah Punya Belum?
Bukti kemampuan berbahasa Inggris sering menjadi persyaratan ketika mendaftar perguruan tinggi atau mencari pekerjaan di luar negeri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 jenis sertifikat Bahasa Inggris untuk keperluan kuliah dan bekerja di luar negeri.Bukti kemampuan berbahasa Inggris seringkali menjadi persyaratan utama ketika mendaftar perguruan tinggi atau mencari pekerjaan di luar negeri.

Tapi tahukah kamu kalau terdapat banyak sekali jenis sertifikat bahasa Inggris yang resmi, diakui internasional dan bisa kamu pilih sesuai keperluan. Apa saja jenis sertifikat Bahasa Inggris yang tersedia?Artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas jenis-jenis sertifikat Bahasa Inggris yang ada studi maupun untuk kerja di luar negeri.

8 Jenis Sertifikat Bahasa Inggris untuk Studi Atau Bekerja di Luar Negeri

1. Test Of English as a Foreign Language (TOEFL)


Test of English as a Foreign Language atau yang biasa disingkat menjadi TOEFL adalah salah satu jenis sertifikat bahasa Inggris yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan akademik atau professional.

Untuk keperluan akademik, TOEFL paling banyak digunakan oleh pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di berbagai instansi perguruan tinggi di Amerika Serikat atau Kanada, mengingat bahasa yang digunakan dalam tes TOEFL pun menggunakan bahasa Inggris – Amerika atau American English. TOEFL memiliki beberapa jenis tes yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, sebagai berikut.

2. TOEFL iBT (Internet Based Test)


TOEFL iBT (Internet Based Test) adalah jenis tes TOEFL yang digunakan mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari segi kemampuan mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing) dan berbicara (speaking) dalam konteks akademis.

Durasi waktu yang diperlukan untuk TOEFL iBT berkisar kurang lebih 4.5 jam dengan skor berkisar dari 0-120. Hasil TOEFL biasanya diberikan dalam waktu 10 hari setelah tes berlangsung.



Persyaratan untuk skor TOEFL iBT minimal yang diterima dapat berbeda-beda tergantung universitas yang dituju oleh mahasiswa, namun rata-rata pelajar internasional biasanya membutuhkan skor minimal 80-100 untuk dapat diterima masuk ke universitas di luar negeri. Hasil skor TOEFL iBT ini diakui secara internasional oleh banyak universitas, perusahaan dan lembaga di dunia.

3. TOEFL ITP (Institutional Testing Program)


TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes TOEFL yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris seseorang, khususnya pelajar, dari segi kemampuan mendengarkan, membaca dan menulis (TOEFL ITP juga mengukur kemampuan berbicara namun hanya versi Digital TOEFL ITP saja).

Meskipun sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks akademis, berbeda dengan TOEFL iBT, hasil dari TOEFL ITP hanya bisa dipakai untuk keperluan institusi pendidikan tertentu sehingga tidak dapat dipakai secara globa

4.International English Language Testing System (IELTS)


Selain TOEFL, sertifikat bahasa Inggris lainnya yang juga diakui secara internasional adalah International English Language Testing System (IELTS).

Meskipun sama-sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari 4 (empat) komponen bahasa seperti TOEFL, IELTS sendiri menggunakan British English dalam konten yang diujikan.

IELTS lebih banyak dipilih oleh pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di negara-negara seperti Australia, Inggris, Selandia Baru atau negara-negara Eropa lainnya. IELTS dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu IELTS General Training dan IELTS Academic.

5. IELTS General Training


IELTS General Training adalah jenis tes IELTS yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris sehari-hari yang diperlukan untuk kehidupan sosial dan dunia kerja, sehingga jenis tes ini cocok dipakai oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa gelar, mencari pekerjaan atau migrasi ke negara-negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru dan Inggris.

6. IELTS Academic


IELTS Academic adalah jenis tes IELTS yang menguji kemampuan berbahasa Inggris menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang lebih umum digunakan dalam konteks akademik, sehingga jenis tes ini lebih banyak dipilih untuk keperluan registrasi ke universitas atau perusahaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)