8 Sertifikat Bahasa Inggris untuk Belajar atau Bekerja di Luar Negeri, Sudah Punya Belum?

Rabu, 13 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Persyaratan skor minimal IELTS yang harus dimiliki pelajar internasional dapat berbeda-beda tergantung universitas dan lokasi yang dituju, namun rata-rata pelajar internasional membutuhkan skor IELTS minimal 6.0 (competent user) untuk mendaftar ke berbagai universitas di luar negeri. Hasil IELTS biasanya diberikan dalam waktu 13 hari setelah tes berlangsung.

7. Test of English for International Communication (TOEIC)


Sertifikat bahasa Inggris lain yang juga cukup populer adalah Test of English for International Communication atau TOEIC, yang mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan bahasa Inggris yang secara spesifik dipakai di tempat kerja (Business English).

Hasil TOEIC diakui di lebih dari 14.000 perusahaan dan institusi di seluruh dunia, khususnya di negara seperti Perancis, Jepang dan Korea Selatan dimana TOEIC cukup banyak digunakan untuk berbagai keperluan professional. Berapa skor TOEIC yang dianggap baik? Tentu saja, persyaratan skor minimal TOEIC dapat berbeda-beda tergantung perusahaan yang dituju.

Namun secara garis besar, untuk pekerjaan yang tidak memerlukan banyak penggunaan Bahasa Inggris, rata-rata pelamar hanya membutuhkan skor TOEIC minimal 785, sementara untuk pekerjaan yang banyak menggunakan Bahasa Inggris biasanya membutuhkan skor TOEIC minimal 900.

8. PTE Academic


Sertifikasi bahasa Inggris lain yang masih tergolong baru namun menarik untuk dicoba bagi mereka yang ingin belajar atau bekerja di luar negeri adalah PTE Academic. Sama seperti TOEFL dan IELTS, PTE Academic juga mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari 4 (empat) komponen kemampuan berbahasa.

Namun, PTE hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 (dua) jam menggunakan komputer, dengan hasil yang tersedia kurang lebih 5 hari setelah tes berlangsung. PTE sering kali dianggap sebagai ujian kemampuan berbahasa Inggris yang paling transparan mengingat pelaksanaan dan penilaian PTE dilakukan secara online, tanpa interaksi manusia selama tes berlangsung.

Skor PTE Academic minimal yang dibutuhkan untuk mendaftar ke suatu universitas juga berbeda-beda tergantung universitas yang dituju, namun biasanya pelajar internasional membutuhkan skor minimal berkisar dari 59-75 untuk dapat diterima belajar di luar negeri
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)