Canggih, ITS Punya Cadaver Digital untuk Praktikum Mahasiswa Kedokteran

Rabu, 07 Agustus 2024 - 17:24 WIB
loading...
Canggih, ITS Punya Cadaver...
Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD (dua dari kiri) bersama jajaran pejabat ITS saat menyaksikan simulasi penggunaan cadaver digital. Foto/ITS.
A A A
SURABAYA - ITS meresmikan Display Teknologi dan Cadaver Digital untuk keperluan media pembelajaran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK). Hadirnya teknologi ini selaras dengan visi ITS mengolaborasikan teknologi dan kedokteran.

Wakil Dekan FKK ITS Adhi Dharma Wibawa mengatakan, hadirnya display produk teknologi dan cadaver digital ini diutamakan untuk menjadi media pembelajaran mahasiswa FKK ITS.

Baca juga: Geger Mayat di Medan, Begini Syarat Jenazah Jadi Cadaver untuk Pendidikan Mahasiswa Kedokteran

Di samping itu, hadirnya produk ini juga dimaksudkan untuk menciptakan suasana akademik yang komprehensif serta menjadi media promosi FKK ITS di mata publik.

“Apalagi FKK ITS ini kerap dikunjungi oleh mahasiswa dan institusi kedokteran dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (7/8/2024).

Dia menjelaskan, cadaver digital digunakan sebagai penunjang pembelajaran anatomi menjadi wujud konkret akselerasi pendidikan dan pengajaran di FKK ITS.

Baca juga: Heboh Penemuan Mayat Diawetkan di Kampus, Ini Penjelasan tentang Sistem Pengadaan dan Perawatan Cadaver

Menurut dosen Departemen Teknologi Kedokteran ITS tersebut, pengadaan produk ini menjawab permasalahan media pembelajaran anatomi dengan cadaver asli yang semakin sulit untuk dijangkau. “Mulai dari segi ketahanan, biaya, maupun lingkup penggunaannya,” ucapnya.

Melalui alat berbentuk meja yang dapat menampilkan tubuh manusia secara virtual ini, mahasiswa dapat mempelajari simulasi pembedahan yang serupa dengan cadaver asli.

Dengan berbagai fitur yang ada, mahasiswa tidak hanya dapat melakukan simulasi pembedahan umum tetapi juga pembelahan transversal per bagian tubuh yang diinginkan. Alat ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi rinci terkait setiap bagian tubuh manusia yang ditampilkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)