Bersejarah, KBRI Addis Ababa Fasilitasi 15 MoU Antara PTKN Indonesia dan Ethiopia

Kamis, 08 Agustus 2024 - 13:42 WIB
loading...
Bersejarah, KBRI Addis...
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur dan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Prof Suyitno bersama para rektor dua negara saat penandatanganan MoU di KBRI Addis Ababa, Rabu (7/8/2024). Foto/Humas Kemenag
A A A
ADDIS ABBABA - Sebanyak 15 nota kesepahaman ( memorandum of understanding/MoU) baru bidang pendidikan ditandatangani oleh lima pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Indonesia dengan tiga kampus Ethiopia.

Penandatanganan ini menjadi babak baru karena menjadi yang pertama dilakukan perguruan tinggi di bawah lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Lima pimpinan PTKN yang menandatangani MoU tersebut adalah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung Prof Rosihon Anwar; Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Prof I Gusti Ngurah Sudiana; Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr Olivia Cherly Wuwung; Kepala Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKN) Pontianak D Sunarso; dan Kepala Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Dr Sulaiman Girivirya.



Belasan MoU tersebut diteken di sela kunjungan delegasi Indonesia dalam ajang Indonesia-Ethiopia Interfaith Dialogue yang digelar di Ethiopia pada 4-8 Agustus 2024. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kepala Balitbang Diklat Kemenag Prof Suyitno.

Pimpinan perguruan tinggi Indonesia itu menandatangani MoU dengan tiga pimpinan perguruan tinggi Ethiopia masing-masing Dr Abraham Dalu, Rektor Ethiopia Adventist College/Kuyera Adventist University pada Senin (5/8/2024), Dr Asrat Atsedeweyn, Rektor Gondar University dan Dr Ahmed Kelil Aliyi, Rektor Madda Walabu University masing-masing pada Rabu (7/8/2024).

MoU pertama ditandatangani di Kota Hawassa saat digelar Indonesia-Ethiopia Interfaith Dialogue. Sementara dua MoU terakhir ditandatangani di Kedutaan Besar RI (KBRI) Addis Ababa.

Penandatanganan disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur dan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof Suyitno.

“Dengan penandatanganan tersebut, total MoU yang telah ditandatangani perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia adalah 49. Dari jumlah tersebut, 47 MoU di antaranya ditandatangani pada periode Maret 2019 - Agustus 2024,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

Dubes Al Busyra mengatakan bahwa KBRI Addis Ababa terus mendorong hubungan dan kerja sama perguruan tinggi di kedua negara, khususnya dalam rangka meningkatkan dan memperkuat diplomasi publik bilateral.

“Banyak sekali bidang kerja sama yang bisa dibangun oleh perguruan tinggi kedua negara untuk kemajuan bersama secara bilateral, regional dan internasional,” tambah Dubes Al Busyra.

Sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU, perguruan tinggi di Indonesia dan Ethiopia telah menyelenggarakan kegiatan saling kunjung, penerbitan buku dan berbagai seminar yang difasilitasi oleh KBRI Addis Ababa
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)