Inspiratif, Lulus S2 di Usia 21 Tahun, Tiktoker Ini Viral

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:46 WIB
loading...
Inspiratif, Lulus S2...
Joseph Wijaya (Foto: Doc. Istimewa)
A A A
JAKARTA - Belum lama ini sempat viral di media sosial lelucon tentang Thariq Halilintar yang telah naik haji di usia dua bulan. Lelucon ini pun sempat diikuti oleh Joseph Wijaya, seorang seleb TikTok dengan 256 ribuan pengikut di akun @joswjy dan Instagram dengan 44 ribuan pengikut. Dengan mengunggah video kelulusannya dari Boston University, AS, pemuda kelahiran 14 Februari 2002 ini menyematkan tulisan “thor lu 2 bulan udah haji, gue perlu 9 bulan cuma buat lulus s2” dengan tambahan emotikon sedih.

Postingan ini sontak memancing banyak komentar dari netizen. Selain ada yang simpati dan mendukung Joseph, ada juga yang berkomentar “miring”. Salah satunya dari seorang ibu yang berkomentar, “apakah pendidikan bisa jamin masuk surga dek?” Komentar si ibu ini pun viral dan sempat muncul di postingan instagram @folkative, @indozone, @psnews, @awreceh, @cretivox dan yang lain.

Padahal apa yang ditulis Joseph dalam unggahan tersebut tidaklah berlebihan karena ia memang berhasil mengukir prestasi akademik yang cukup spektakuler. Di usia 21 tahun 3 bulan 7 hari, ia berhasil meraih gelar S2 jurusan Computer Information System dari Boston University pada 21 Mei 2023 lalu. Hebatnya jenjang S2 tersebut hanya ia tempuh dalam jangka waktu dua semester dengan predikat Magna Cum Laude karena berhasil mencapai IPK 3,83. Artinya, memang benar Joseph meraih gelar S2-nya hanya dalam jangka waktu 9 bulan alias dua semester.

“Malah seharusnya saya menyelesaikan kuliah S2 hanya dalam jangka waktu 8 bulan. Tapi karena kena libur semester di Desember, akhirnya jadi 9 bulan,” begitu tukas Joseph.

Satu hal yang pasti, Joseph memang cerdas. Bahkan sewaktu sekolah, ia beberapa kali masuk kelas akselerasi. Tak heran gelar S1-nya di Binus University jurusan Business Information System diraihnya dalam usia 19 tahun dengan predikat Summa Cum Laude karena IPK-nya mencapai 3,98. Ketika ditanya bagaimana resepnya agar bisa secerdas itu, pengagum aktor Dion Wiyoko ini berkomentar pendek.

“Resepnya rajin belajar. Saya kalau lagi belajar bisa sampai begadang lho. Jadi semua ini tidak saya capai dengan mudah,” ujar pemuda yang sempat viral juga karena menang empat kali dalam game Shopee Cocoki yang terkenal sangat sulit tersebut.

Mengenang Masa SMP, Sering Dijahili Teman

Kini selain membantu usaha keluarga di bidang cold logisticatau gudang pendingin, Joseph juga serius untuk menjadi content creatoryang bisa mengispirasi anak-anak muda untuk mengikuti jejaknya. Dalam konten-kontennya, penggemar lagu-lagu Rich Brian ini memberikan berbagai tips, di antaranya bagaimana bisa mendapat beasiswa untuk sekolah ke luar negeri, bagaimana cara mengikuti perkuliahan lewat jalur akselerasi, dan bagaimana bisa mendapat IPK hampir mendekati 4.

“Saya sendiri pernah beberapa kali dapat beasiswa, seperti Top 1% Asean Partner Scholarship Award sebesar AU$22.500 dan beasiswa dari Binus International University. Tips seperti itu yang akan saya bagikan lewat konten-konten saya, biar teman-teman bisa termotivasi,” kata Joseph.

Menariknya tidak semua kisah hidup Joseph di dunia sekolah berjalan mulus, tapi ada juga kerikil-kerikil yang ia rasakan. Yang paling diingat anak bungsu dari dua bersaudara ini adalah ketika ia masih duduk di bangku SMP. Joseph bercerita ia sering dijahili teman-temannya. Terkadang kalau ada ulangan atau ujian sekolah, ada temannya yang sengaja tidak belajar karena mengharapkan semua jawaban dari dirinya. Begitupun kalau kerja kelompok, tugas Joseph terkadang lebih berat dibanding teman-temannya yang lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)