Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kaltim di HUT ke-79 RI, Prabowo dan Gibran Pakai Baju Daerah Mana?

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 12:07 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Gibran dan Jan Ethes Pakai Baju Adat Papua, Ma'ruf Amin Melayu Pontianak

Wury menganakan hijab berwarna orange yang senada dengan baju tersebut. Wury juga mengombinasikan kain motif corak insang dengan perpaduan warna merah dan oranye. Kain tersebut juga dikenakan Ma’ruf Amin yang dilitkan di bagian pinggang hingga perut.

Baju adat Pontianak yang dikenakan Ma’ruf Amin dan Wury ini memiliki makna mendalam. Warna kuning emas melambangkan kejayaan, kemakmuran dan keagungan. Sementara, corak insang terinspirasi masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Kapuas.

3. Baju Adat Prabowo Subianto di HUT ke-79 RI


Menteri Pertahanan dan juga Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto tampil sederhana namun elegan dengan mengenakan baju adat khas Betawi pada HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu (17/8/2024).

Prabowo memakai baju adat bangsawan Betawi yaitu Ujung Serong berupa atasan dan bawahan berwarna hitam yang dilengkapi dengan kain batik serta hiasan kuku macan di saku jas.

Prabowo melengkapinya dengan blangkon betawi berwarna cokelat. Kain batik coklat yang terikat di pinggangnya pun terlihat lebih panjang menjuntai ke bawah, sementara pada penampilan Jokowi kemarin kain batik yang melekat sedikit lebih naik ke atas.

4. Baju Adat Gibran Rakabumingdi HUT ke-79 RI


Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Terpilih RI 2024-2029 ini menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan RI bersama dengan Wapres Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta.

Gibran beserta anaknya Jan Ethes mengenakan baju adat Papua di momen upacara bendera 17 Agustus ini. Keduanya kompak mengenakan busana adat Papua lengkap dengan asesoris rumbai di kepala.

Gibran dan Jan Ethes mengenakan busana berwarna coklat lengkap dengan asesoris kalung gading. Adapula perpaduan kain coklat motif bergaris yang turut menghiasi busana Gibran.

Gibran dan Jan Ethes juga kompak mengenakan asesoris rumbai di kepala dan semakin memberikan budaya Papua yang kental. Hiasan kepala tersebut menyerupai mahkota dan umumnya terbuat dari bulu burung Kasuari.

Rumbai tersebut juga mencerminkan busana khas adat Papua yang kental. Tak sampai di situ, ayah dan anak ini juga membawa tombak papua yang menambah nuansa khas Papua.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)