Profil Pendidikan Rosan Roeslani, Mantan Dubes, Wamen BUMN, Kini Jadi Menteri Investasi

Senin, 19 Agustus 2024 - 10:02 WIB
loading...
Profil Pendidikan Rosan...
Rosan Roeslani menjadi salah satu menteri yang dilantik sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM di Istana Negara, Senin (19/8/2024). Foto/YouTube Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Rosan Roeslani menjadi salah satu menteri yang dilantik sebagai Menteri Investasi /Kepala BKPM. Rosan menggantikan posisi Bahlil Lahadalia yang akan menduduki jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Rosan Perkasa Roeslani pada Pilpres 2024 lalu menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran pada Pilpres 2024. Sebelumnya ia dikenal sebagai pengusaha andal di Indonesia.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Menkumham Supratman Andi Agtas, Politikus Gerindra Lulusan S2 Hukum Unhas

Ia juga menjadi salah satu dari tiga pengusaha Indonesia yang pernah mengakuisisi klub sepak bola Italia, Inter Milan. Bahkan Rosan pun menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) periode 2015-2020.

Usai menakhodai Kadin, Rosan pun dipercaya Jokowi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 pada tahun 2021-2023. Ia dilantik pada Oktober 2021 dan masa jabatannya berakhir pada akhir 2023.

Baca juga: Yasonna Laoly Diganti, Calon Menkumham Supratman Andi Agtas Tiba di Istana

Semasa masih menjabat Duta Besar untuk Amerika Serikat, Presiden Jokowi juga sempat memberikan rangkap jabatan kepada Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN. Namun kemudian, jabatan Duta Besar dan Wakil Menteri BUMN dilepas, bersamaan Presiden Jokowi dan Calon Presiden Prabowo Subianto memercayakan Rosan Perkasa Roeslani sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo - Gibran untuk Pilpres 2024.

Riwayat Pendidikan Rosan Roeslani


Rosan yang lahir di Jakarta pada 31 desember 1968 ini merupakan lulusan Oklahoma State University, Amerika Serikat pada 1992.

Lulus dari Amerika Serikat, ia memutuskan untuk merantau ke Belgia dan meraih gelar master di bidang adminsitrasi bisnis dari Antwerpen European University di Belgia pada 1995.

Baca juga: Jelang Reshuffle Hari Ini, Acara Sertijab Menteri ESDM Arifin Tasrif Sudah Disiapkan

Pengalaman Rosan Roeslani di bidang keorganisasian telah dirambah sejak masih duduk di bangku kuliah, ketika ia menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Mahasiswa Indonesia di Oklahoma, Amerika Serikat, bersamaan dengan studi S1 di Oklahoma State University.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)