Catat, Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Jalur Mandiri Ditutup 31 Oktober

Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:56 WIB
loading...
Catat, Pendaftaran KIP...
Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk jalur mandiri di PTN dan PTS masih dibuka hingga 31 Oktober 2024. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 untuk jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih dibuka hingga 31 Oktober 2024. Bagi calon mahasiswa yang ingin memanfaatkan kesempatan ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

KIP Kuliah, yang dikelola oleh Kemendikbudristek, merupakan program beasiswa yang memberikan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu.

Baca juga: Kriteria Mahasiswa yang Wajib Melakukan Reklaim Akun KIP Kuliah 2024

Kapuslapdik Kemendikbudristek, Adhika Ganendra menjelaskan, KIP Kuliah yang sebelumnya dikenal sebagai beasiswa Bidikmisi, menargetkan 200.000 mahasiswa di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 101.000 mahasiswa yang terdaftar, atau sekitar 50 persen dari target kuota.

KIP Kuliah menyasar empat kategori mahasiswa. Pertama, para lulusan SMA/SMK atau sederajat yang telah memiliki KIP dalam satu hingga dua tahun terakhir. Kedua, mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Baca juga: Reklaim Akun KIP Kuliah 2024 Error? Solusinya Ada di Sini

Selain itu, program ini juga menyertakan mahasiswa yang tinggal di panti sosial atau panti asuhan, serta mereka yang berasal dari daerah terdampak bencana alam, konflik, atau daerah yang memiliki kekhususan tertentu. Mahasiswa dengan keterbatasan akses seperti penyandang disabilitas atau yang berasal dari daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) juga termasuk dalam target penerima beasiswa ini.

Pada Senin, 29 Juli 2024, sempat terjadi gangguan sistem KIP Kuliah akibat peretasan di Pusat Data Nasional (PDN). Namun, dengan pulihnya PDNS 2, calon mahasiswa kini dapat kembali mengakses layanan ini.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dibuka Kembali Besok, Ini Dokumen yang Diperlukan

Bagi mereka yang telah mendaftar dan lulus SNBP atau SNBT, sangat dianjurkan untuk segera mereklaim akun, melengkapi data, mengunggah dokumen, serta mencetak formulir dan kartu peserta KIP Kuliah hingga 30 Agustus 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)