Cerita Inspiratif Laura, Atlet Disabilitas Berprestasi Dunia yang Raih Gelar Sarjana di UGM

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
Cerita Inspiratif Laura,...
Bergelimang gelar sebagai atlet, Laura Aurelia Dinda Sekar Devanti sukses menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Psikologi UGM. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Wajah Laura Aurelia Dinda Sekar Devanti (24) berseri-seri. Laura sukses menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Laura yang juga berprofesi sebagai atlet renang Surakarta ini telah resmi menyandang gelar sarjana psikologi usai mengikuti kegiatan wisuda program sarjana, Rabu (28/8), di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dalam prosesi wisudanya Laura tidak hanya merayakan gelar akademik, tetapi juga perjalanan panjang yang penuh dengan kerja keras, disiplin, dan dedikasi.

“Perasaannya lebih ke lega sih. Senang juga karena hasil kerja keras selama tujuh tahun ini sudah ada hasil utuhnya,” tutur Laura seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (30/8).

Selama menjadi mahasiswa UGM, Laura sudah menorehkan sederet prestasi di kancah internasional dengan meraih 2 medali emas dari World Para Swimming Championship di Berlin pada 2018.



Sebelumnya pernah mendapat dua medali emas di ASEAN Para Games di Malaysia 2017 dan mendapat medali di Peparnas Papua tahun 2021. Tahun 2024 ini, ia membawa 3 medali emas di kejuaraan olahraga Tuna Daksa dan Netra di Provinsi DKI untuk kategori 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung dan 50 meter gaya bebas.

Tertarik Renang Sejak SD


Sebagai atlet, prestasi Laura dalam olahraga renang tentulah mengesankan. Ketertarikannya terhadap renang telah muncul sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Uniknya, sejak kecil Laura merasa tertarik dengan sisi kompetitif di olahraga renang. “Aku mulai suka renang mungkin sejak SD kelas 4. Tapi, bukan renangnya sendiri yang aku enjoy waktu itu, melainkan sisi kompetitifnya. Awalnya renang karena asma, tapi lama-lama aku jadi suka kompetisinya,” jelasnya.

Momen yang paling berkesan menurutnya selama berkarier menjadi atlet adalah pada saat kompetisi pertamanya, dimana ia berhasil mendapatkan medali yang terbuat dari plastik.

Meski begitu, medali plastik itu telah menjadi motivasi terbesarnya untuk terus berkompetisi hingga sekarang. “Waktu pertama kali aku menang tuh dapet medali plastik aja, lomba antar kota. Terus diumumkan di sekolah, rasanya aku dapet motivasi yang besar untuk pengen ikut lomba renang lagi,” ujar Laura.

Sebagai anak tunggal, kedua orang tuanya sangat mendukung apa yang Laura inginkan, di bidang olahraga maupun akademik. Ayah Laura juga masih tetap menginginkan Laura untuk mengejar akademiknya. Meski tak mudah, Laura mampu menemukan solusi terbaik untuk dapat menyeimbangkan keduanya.

Dengan ketekunan dan pengelolaan waktu, ia berhasil menjalani masa kuliahnya tanpa mengorbankan karirnya sebagai atlet. “Aku tipenya suka menjadwal. Jadi, kalau ada tugas, aku lebih suka kerja di kampus dulu. Setelah itu kan latihan renang, terus malamnya tinggal melanjutkan apa yang perlu aku kerjakan,” paparnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)