Kalahkan Jakarta, Jawa Timur Meraih Juara Umum OSN 2024

Minggu, 01 September 2024 - 14:54 WIB
loading...
Kalahkan Jakarta, Jawa...
Provinsi Jawa Timur (Jatim) keluar sebagai juara umum Olimpiade Siswa Nasional (OSN) 2024 yang resmi ditutup pada Sabtu (31/8/2024) di Jakarta. Foto/YouTube Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Provinsi Jawa Timur (Jatim) keluar sebagai juara umum Olimpiade Siswa Nasional (OSN) 2024 yang resmi ditutup pada Sabtu (31/8/2024) di Jakarta. Jatim memperoleh medali sebanyak 56 yang terdiri atas 13 medali emas, 22 medali perak, dan 21 medali perunggu.

Sementara di posisi kedua ada Provinsi DKI Jakarta dengan total 60 medali yang terdiri atas 12 medali emas, 25 medali perak, dan 23 medali perunggu. Pada OSN 2023 lalu, Jakarta menjadi juara umum dengan 71 medali. Lalu, di posisi ketiga yaitu Provinsi Jawa Barat dengan total 43 medali yang terdiri atas 8 medali emas, 13 medali perak, dan 22 medali perunggu.

Baca juga: SMAN Unggulan MH Thamrin Antarkan DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023

Pada jenjang SMA/MA, peringkat pertama diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan total 44 medali, peringkat kedua adalah Provinsi DKI Jakarta dengan total 36 medali, dan di peringkat ketiga adalah Provinsi Jawa Barat dengan total 31 medali.

Lalu, untuk jenjang SMP/MTS, posisi pertama diduduki oleh Provinsi DKI Jakarta dengan total 15 medali, posisi kedua yakni Provinsi Jawa Tengah dengan total 9 medali, dan posisi ketiga ditempati oleh Jawa Timur dengan total 7 medali.

Baca juga: MNC University Kembali Raih Prestasi Tingkat Nasional di Ajang OSSN 2023

Kemudian untuk jenjang SD/MI, peringkat pertama adalah Provinsi DKI Jakarta dengan total 9 medali, peringkat kedua adalah Provinsi Jawa Timur dengan total 5 medali, dan peringkat ketiga adalah Provinsi Yogyakarta dengan total 5 medali.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo menyampaikan apresiasinya.

“Untuk adik-adik yang berhasil menjadi pemenang OSN kali ini, teruslah menjadi inspirasi agar semakin banyak generasi muda yang tertarik dengan sains dan teknologi. Jadilah duta-duta sains yang membagikan keindahan ilmu pengetahuan kepada siapa pun yang memerlukan. Tetaplah rendah hati, dan jangan mudah puas dengan prestasi yang telah diraih. Jadikan momentum ini sebagai penyemangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” katanya melalui siaran pers, Minggu (1/9/2024).

Sementara bagi peserta yang belum berhasil, Anindito memberikan pesan motivasi untuk bangkit dan terus berjuang. Menurutnya, kemampuan mengelola rasa kecewa, untuk bisa bangkit dari kegagalan, adalah kemampuan yang sama berharganya dengan kemenangan dan keberhasilan.

Terlebih jika semua peserta telah memberikan yang terbaik selama proses kompetisi, sehingga berhasil melampaui batasan-batasan kemampuan yang pernah ada sebelumnya. Hal ini adalah keberhasilan yang juga layak untuk dirayakan dan menjadi sebuah pembuktian bahwa kemampuan Anda saat ini sesungguhnya bisa terus Anda kembangkan dan lampaui terus di kemudian hari.

“Karena itu janganlah menyerah. Tetaplah berani berharap dan bercita-cita yang tinggi, meski selalu ada risiko kekecewaan. Terlepas dari hasil akhirnya, perjalanan mencapai cita-cita itu sendiri akan menjadi bekal untuk sukses dalam kehidupan,” ucapnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)