4 Tips Persiapan Wawancara bagi Mahasiswa, Pelajari untuk Perbesar Lolos

Selasa, 03 September 2024 - 12:50 WIB
loading...
4 Tips Persiapan Wawancara...
Program magang penting untuk diikuti para mahasiswa karena bisa mengasah soft skill yang penting digunakan untuk masuk ke dunia kerja nanti. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 tips persiapan wawancara magang bagi mahasiswa. Program magang penting untuk diikuti para mahasiswa karena bisa mengasah soft skill yang penting digunakan untuk masuk ke dunia kerja nanti.

Salah satu tahapan penting magang adalah proses wawancara. Artikel kali ini akan membahas 4 tips persiapan wawancara magang bagi mahasiswa, simak ya!

4 Tips Persiapan Wawancara Magang bagi Mahasiswa


Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), membagikan tips persiapan iri dalam menghadapi wawancara magang.

1. Pelajari profil perusahaan


Cara tahu informasi terkait latar belakang, visi dan misi serta budaya kerja di perusahaan yang kalian lamar.

2. Pahami posisi dan deskripsi pekerjaan yang dilamar


Cari informasi lebih dalam seputar posisi dan deskripsi pekerjaan yang kalian lamar untuk menjawab pertanyaan terkait hal tersebut.

3. Berlatih wawancara


Lakukan simulasi wawancara dengan teman, keluarga atau mentor. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi sehingga kamu lebih siap menghadapi wawancara nanti.

4. Siapkan pertanyaan untuk pewawancara


Jika diberikan kesempatan untuk bertanya, jangan ragu untuk bertanya. Kamu bisa siapkan pertanyaan terkait posisi dan lingkup pekerjaan di perusahaan tersebut.


Pengertian Magang


Magang ialah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan dalam beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas serta wajib memberi bimbingan selama waktu program. Lalu, di akhir program, peserta magang kemudian akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, terutama dari atasannya langsung.

Pada umumnya, magang dilakukan oleh para siswa SMK serta mahasiswa di tingkat akhir. Pada beberapa bidang studi, magang bisa dikatakan sebagai salah satu mata kuliah wajib yang nantinya akan mempengaruhi nilai. Namun, ada juga program studi yang tidak mengharuskan mahasiswanya untuk magang.

Tujuan Magang bagi Mahasiswa

1. Implementasi Ilmu ke Pekerjaan


Pada beberapa bidang studi, ilmu teori yang sudah dipelajari di kampus terkadang masih belum cukup. Oleh sebab itu, kamu masih harus belajar bagaimana caranya mengimplementasikan ilmu ini ke aktivitas kerja yang nyata serta lebih bermanfaat. Dengan adanya program magang akan memudahkanmu dalam meningkatkan kemampuan yang bermanfaat di dunia kerja nanti.

2. Meningkatkan Hard Skill


Terdapat banyak keterampilan serta ilmu yang akan kamu pelajari saat kamu mulai magang. Selain mendapatkannya dari sesi pelatihan, kamu juga akan langsung mempraktikkannya di bawah supervisi profesional. Dengan program ini bisa dibilang sebagai cara yang efektif untuk mengembangkan skill atau kemampuan.

3. Mempelajari Berbagai Soft Skill


Selain mempelajari hard skill, kamu juga akan mempelajari berbagai soft skill secara langsung dengan cara yang lebih efektif. Adapun kemampuan soft skill, seperti kemampuan berkomunikasi, negosiasi, serta manajemen waktu pasti akan sangat diasah dalam waktu magang.

4. Lebih Mudah Beradaptasi dengan Dunia Kerja


Ritme dunia kerja sangatlah jauh berbeda jika dibandingkan dengan ritme sekolah dan kuliah. Oleh sebab itu, tak sedikit fresh graduate yang kemudian cukup kesulitan dalam beradaptasi ketika awal-awal masuk dunia kerja. Program magang kemudian akan memberimu kesempatan untuk beradaptasi dengan lebih nyaman dan bertahap.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)