Rektor UIN Jakarta: Kunjungan Paus Fransiskus Pertegas Komitmen Bersama Umat Beragama Bangun Toleransi

Rabu, 04 September 2024 - 06:56 WIB
loading...
Rektor UIN Jakarta:...
Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia bisa mempertegas komitmen bersama umat beragama bangun toleransi dan perdamaian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A. Ph.D. menyambut hangat kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rangkaian agenda perjalanan apostolik ke sejumlah negara Asia, terhitung tanggal 6-9 September 2024.

Rektor Asep Jahar berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya mempertegas komitmen bersama umat agama-agama dalam membangun toleransi dan perdamaian hidup umat manusia.

“Hari ini, kita bersama-sama menyaksikan sebuah peristiwa yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Kami, segenap keluarga besar sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyambut dengan penuh sukacita dan rasa hormat atas kunjungan Paus Fransiskus,” ujar Rektor Asep Jahar dalam keterangan tertulisnya di tengah lawatannya ke Rusia, Selasa (3/9/2024).

Rektor mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ini tidak hanya mempererat hubungan antara komunitas Katolik dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan, tetapi juga menjadi simbol penguatan nilai-nilai toleransi di antara umat beragama di tanah air.

“Kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia memiliki makna yang mendalam bagi kita semua, khususnya dalam upaya memperkuat tali persaudaraan dan memperkokoh komitmen bersama dalam menciptakan kehidupan kemanusiaan yang damai,” tuturnya.



Indonesia, sebagai negara dengan keragaman agama, budaya, dan etnis yang begitu kaya, terangnya, selalu berusaha untuk menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan harmoni.

“Kunjungan Paus Fransiskus menjadi pengingat sekaligus pendorong bagi kita untuk terus mengedepankan dialog, saling pengertian, dan kerjasama lintas agama,” tambahnya.

Lebih jauh Rektor Asep Jahar mengungkapkan harapannya jika kunjungan Paus Fransiskus menjadi momentum penting bagi umat beragama di Indonesia untuk semakin mengokohkan komitmen bersama dalam menjaga perdamaian dan keharmonisan.

Kunjungan juga diharap dapat memperkuat kolaborasi dan solidaritas dalam menghadapi tantangan global yang mempengaruhi kehidupan kemanusiaan, termasuk kemiskinan, ketidakadilan, krisis lingkungan, bahkan konflik peperangan di sejumlah kawasan dunia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3356 seconds (0.1#10.140)