10 Contoh Teks Tantangan Lengkap Beserta Strukturnya

Minggu, 08 September 2024 - 12:16 WIB
loading...
10 Contoh Teks Tantangan...
Teks tantangan adalah teks yang berisikan informasi sebagai penyangga dalam sebuah debat karena berisi informasi yang menentang suatu hal yang kontroversial. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks tantangan adalah teks yang berisikan informasi sebagai penyangga dalam sebuah debat karena berisi informasi yang menentang suatu hal yang kontroversial. Informasi tersebut biasanya diambil dari isu yang sedang berkembang di masyarakat dan dilengkapi dengan argumen dan data yang dapat memperkuat bantahan tersebut.

Teks tantangan juga biasanya digunakan dalam diskusi, debat dan penulisan ilmiah, karena bertujuan untuk menyampaikan argumen atau pendapat yang menentang pendapat, gagasan, atau fenomena tertentu.

Baca juga: 10 Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Struktur teks tantangan, antara lain sebagai berikut.


1. Pernyataan Posisi

Bagian inti dari teks tantangan bertujuan untuk menyampaikan pendapat atau posisi penulis tentang topik yang kontroversial. Di sini, penulis menunjukkan sikap mereka terhadap suatu masalah. Pernyataan posisi ini sering muncul di awal teks untuk memberi pemahaman awal tentang sikap penulis

2. Argumen

Bagian yang mendukung pernyataan posisi. Setiap argumen bertujuan untuk memperkuat pernyataan posisi dengan penjelasan yang masuk akal dan meyakinkan.

3. Bukti

Diajukan dan diperkuat dengan bukti. Penulis akan menyertakan data, fakta, contoh ataupun kutipan ahli untuk mendukung argumen mereka. Ini memastikan bahwa pendapat yang disajikan tidak hanya berbasis opini, tetapi juga didukung oleh informasi yang dapat dipercaya dan kredibel.

4. Kesimpulan

Bagian akhir dari teks tantangan adalah kesimpulan. Di sini, penulis akan mengulangi pernyataan mereka untuk mendukung posisi mereka dengan merangkum argumen utama mereka. Kesimpulan juga sering mengandung saran apa yang harus dilakukan pembaca atau ajakan untuk bertindak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)