Dukung Transisi Energi Bersih, Perguruan Tinggi Jadi Motor Penggerak Inovasi Kendaraan Listrik

Kamis, 12 September 2024 - 13:12 WIB
loading...
Dukung Transisi Energi...
Inovasi mesin pintar kapal listrik ramah lingkungan dari Poltera. Foto/Poltera.
A A A
JAKARTA - Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar lingkungan hidup tetap terjaga. Namun pengembangan kendaraan listrik, khususnya di Indonesia, membutuhkan kolaborasi berbagai pihak.

Pemerintah, pelaku industri, praktisi, hingga akademisi harus bergandengan tangan agar perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air terus meningkat.

Baca juga: Anargya ITS Jadi Satu-satunya Tim Riset Mahasiswa yang Pamer Karya di GIIAS 2024

Dari sisi perguruan tinggi , sudah banyak inovasi yang sudah ditelurkan. Entah itu motor listrik, mobil listrik, bus listrik, maupun baterai untuk percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

Inovasi PENS


Misalnya saja dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), di bawah koordinasi Center For Research and Innovation on Advanced Transportation Electrification (CReATE) sudah menciptakan beberapa kendaraan listrik. Seperti motor listrik, motor ATV listrik, motor sport listrik, bus listrik, dan lainnya.

Baca juga: UI Sumbangkan Bus Listrik Hasil Inovasi untuk Dukung Presidensi G20

Mahasiswa PENS Randy Azwadi mengatakan kampusnya memang terlibat aktif dalam menciptakan solusi transportasi berbasis listrik yang berkelanjutan. "CReATE memang fokus di bidang transportasi, khususnya transportasi listrik," ungkapnya.

Ditemui di acara Higher Education Partnerships Conference (HEPCON) 2024 di Balai Kartini Jakarta, (29/8/2024), Randy
menjelaskan CReATE, yang juga beranggotakan lebih dari 12 mahasiswa dari berbagai jurusan, berkolaborasi denganPT VKTR berada di tengah riset untuk mengembangkan mobil van listrik 12 seater.

Inovasi mereka tidak hanya terbatas pada motor listrik, tetapi juga mencakup sistem deteksi pada bus, yang dapat mengecek kelelahan pengemudi serta menghitung jumlah penumpang secara otomatis. Selain itu, CReATE juga mengembangkan sistem bantuan berkendara untuk bus.

Randy menegaskan pentingnya berinovasi di bidang transportasi listrik, mengingat tren global yang bergerak menuju kendaraan ramah lingkungan. "Kami tertarik membuat transportasi listrik ini karena ke depannya mobil ke depannya sudah transisi ke elektrik," imbuhnya.

Pasar kendaraan listrik juga akan semakin diminati. Randy menuturkan alasannya karena pengendara mobil listrik tidak akan ditilang karena ganjil genap, insentif pajak, dan kemudahan lainnya yang didukung oleh pemerintah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)