6 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Akuntansi, Pemain Saham hingga Konsultan Pajak

Selasa, 01 Oktober 2024 - 07:20 WIB
loading...
6 Peluang Kerja Menjanjikan...
Konsultan pajak menjadi salah satu profesi menjanjikan lulusan jurusan akuntansi ketika memasuki dunia kerja. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 peluang kerja menjanjikan untuk lulusan jurusan akuntansi yang perlu diketahui. Banyak orang menilai bahwalulusanjurusanakuntansihanya bisa menjadiakuntan. Padahal, kenyataannya, akuntansi membuka banyak peluang karier di berbagai bidang. Memangnya lulusan akuntansi bisa kerja dimana? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

6 Peluang Kerja Menjanjikan untuk Lulusan Jurusan Akuntansi

1. Pemain Saham


Lulusan akuntansi memiliki pengetahuan yang kuat tentang pasar keuangan, sehingga profesi makelar saham (stockbroker) bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai makelar saham, kamu akan membantu klien membeli dan menjual saham serta memberikan rekomendasi berdasarkan analisis pasar.

Dengan latar belakang akuntansi, kamu akan lebih memahami laporan keuangan perusahaan, tren ekonomi, dan kondisi pasar yang pada akhirnya membuatmu mampu memberikan saran investasi yang tepat untuk klien.

2. HRD (Human Resources Development)


Meski terdengar tidak biasa, namun lulusan akuntansi juga bisa bekerja di bidang Sumber Daya Manusia (HRD) lho. Mengapa? Karena HRD membutuhkan kemampuan dalam pengelolaan anggaran, perhitungan gaji, kompensasi, dan manfaat karyawan.

Selain itu, lulusan akuntansi terbiasa bekerja dengan angka dan laporan yang membuat mereka terampil dalam menyusun kebijakan penggajian dan anggaran karyawan, serta memahami aturan perpajakan terkait karyawan. Kemampuan tersebut memberikan kesempatan bagi lulusan akuntansi untuk terlibat dalam divisi sumber daya manusia di perusahaan.

3. Pegawai Bank


Bank selalu menjadi salah satu tempat kerja yang paling menarik bagi lulusan akuntansi. Sebagai pegawai bank, kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti layanan pelanggan, analisis kredit, manajemen risiko, dan perencanaan keuangan.

Dengan pemahaman yang kuat tentang keuangan dan pelaporan, lulusan akuntansi sangat cocok untuk posisi yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan nasabah dan perusahaan.

4. Konsultan Pajak


Menjadi konsultan pajak adalah salah satu profesi yang sangat menarik bagi lulusan akuntansi. Konsultan pajak bertugas memberikan nasihat terkait perpajakan kepada perusahaan dan individu.

Mereka membantu klien dalam mengelola kewajiban pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, tetapi tetap efisien secara finansial. Olehnya itu,ulusan akuntansi yang memiliki keahlian dalam analisis keuangan dan memahami hukum pajak akan sangat cocok untuk karier ini.

5. Pegawai Asuransi


Industri asuransi juga membutuhkan lulusan akuntansi untuk berbagai posisi, mulai dari penilai risiko hingga pengelola keuangan. Lulusan akuntansi dapat bekerja sebagai underwriter yang mengevaluasi risiko terkait dengan calon tertanggung, atau sebagai aktuari yang menganalisis data keuangan untuk membantu perusahaan asuransi menetapkan premi yang tepat.

6. Auditor Keuangan


Profesi auditor keuangan turut menjadi salah satu pilihan karier bagi lulusan akuntansi.Auditor bertugas untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan akurat dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Mereka juga melakukan evaluasi terhadap sistem kontrol internal perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan sesuai dengan prosedur dan regulasi yang ditetapkan.

Baca juga: Ini Perbedaan Jurusan Kuliah Akuntansi dan Perpajakan

5 Kampus Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023


1. Universitas Indonesia


Universitas yang telah berdiri bahkan sebelum Indonesia merdeka ini memang sudah banyak menorehkan prestasi. Salah satunya ya menjadi universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia.

Sudah dipastikan bila kamu diterima oleh jurusan akuntansi di UI, kamu berada di tempat paling tepat untuk bisa menyerap berbagai ilmu dan pengalaman penting untuk karirmu di masa mendatang.

2. Universitas Airlangga (Unair)


Melihat Unair dalam urutan kedua pun tidaklah begitu mengagetkan dikarenakan sepak terjangnya di dunia perguruan tinggi negeri yang telah lama.

Perguruan tinggi di Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 1954 dan sekarang telah mengantongi akreditasi A. Selain itu, jurusan akuntansinya pun mendapatkan akreditasi yang sama yaitu A dari BAN PT.

3.Universitas Bina Nusantara (Binus)


Universitas Bina Nusantara menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang bisa tembus 3 besar dalam ranking ini. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang Universitas Bina Nusantara telah cukup lama eksistensinya yakni sejak 1981.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)