10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan Struktur yang Singkat dan Jelas

Minggu, 06 Oktober 2024 - 11:51 WIB
loading...
10 Contoh Teks Laporan...
Teks laporan hasil observasi merupakan laporan yang berisi hasil pengamatan dari lapangan yang dijabarkan secara umum. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks laporan hasil observasi merupakan laporan yang berisi hasil pengamatan dari lapangan yang dijabarkan secara umum. Berikut 10 contoh teks laporan yang singkat dan jelas.

Pengamatan teks laporan hasil observasi ini didasarkan dari beberapa tahap yang dilakukan yaitu menentukan objek yang diteliti, menentukan jadwal observasi, melakukan observasi, mencatat berbagai hal saat melakukan observasi, hingga membuat laporan hasil observasi

Baca juga: Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Tujuan dari observasi tentunya untuk memberikan informasi secara terperinci, menyimpulkan dan menulis informasi secara aktual tentang apa yang ada di lapangan sesuai bahan yang kita teliti. Laporan hasil observasi ditulis dengan terstruktur agar mudah di pahami saat dibaca.

Berikut Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Burung Cendrawasih


Pernyataan Umum

Burung Cendrawasih adalah burung yang memiliki bulu yang indah, terutama pada burung jantan memiliki bulu panjang dan berwarna cerah. Burung ini memiliki bulu mendominasi berwarna coklat, kuning dan putih di bagian ekornya, serta kuning dan hijau di bagian sekitar kepala dan lehernya.

Deskripsi Bagian

Secara fisik burung ini memiliki ukuran yang cukup besar dari burung biasanya. Ukurannya mulai dari 15 cm sampai 110 cm dan memiliki berat badan 50 gram sampai 450 gram tergantung spesiesnya.

Baca juga: 5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Lengkap Sesuai Struktur Penulisan

Cendrawasih merupakan hewan pemakan buah-buahan dan arthropoda, mereka sering memakan hewan-hewan kecil seperti serangga. Burung jantang terkenal dengan bulunya yang indah dan sering terbang tinggi serta mengeluarkan suara yang merdu, selain itu jantan juga akan melakukan tarian untuk menarik perhatian betina.

Deskripsi Manfaat

Burung Cendrawasih merupakan hewan yang ikonik dengan keindahan bulunya, namun sering dimanfaatkan oleh masyarakat adat untuk keperluan ritual di daerah Papua.

2. Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah


Pernyataan Umum

Lingkungan tempat saya tinggal adalah komplek yang tersusun rapi, asri dan jauh dari kebisingan dan memiliki 5 blok. Komplek tempat kami tinggal sangat peduli terhadap kebersihan sehingga tiap rumah di sediakan tempat sampah organik dan anorganik.

Baca juga: 7 Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Tumbuhan dan Ciri-Ciri Penulisannya

Deskripsi Bagian

Area rumah tempat saya tinggal terdapat tumbuhan pohon mangga, serta tanaman bunga-bunga di dalam pot. Selain itu di belakang rumah kami ada kolam renang. Hal itu terlihat adem dan asri karena keseimbangan ekosistem terpenuhi.

Deskripsi Manfaat

Lingkungan yang memiliki ekosistem yang baik akan lebih nyaman untuk ditinggali karena kebutuhan dasar untuk beraktivitas terpenuhi. Kondisi lingkungan yang rapi dan tanaman yang terawat akan meningkatkan produktivitas kualitas hidup keluarga yang tinggal disitu.

3. Laporan Hasil Observasi Tentang Masyarakat Suku Nias


Pernyataan Umum

Masyarakat suku Nias terletak di sebelah Barat Pulau Sumatera Utara, yang mendiami sebuah Pulau bernama Nias. Masyarakat suku Nias terkenal dengan adat istiadatnya yang masih kental salah satunya yaitu Lompat Batu. Selain itu tradisi adat budaya yang masih diteruskan dan diwariskan dari generasi ke generasi untuk melestarikan budayanya.

Deskripsi Bagian

Masyarakat suku Nias berkomunikasi dengan bahasa daerah Nias yang memiliki dialek yang berbeda-beda di tiap wilayahnya. Suku Nias terdiri dari empat kabupaten dan satu kota serta memiliki pulau-pulau kecil yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Budaya dan Tradisi Masyarakat Suku Nias yang paling terkenal adalah Lompat Batu yang tingginya bisa mencapai 2 meter lebih dengan tumpuan batu di bawah saat melompat, ini dilakukan oleh laki-laki Nias. Memiliki ciri khas baju adat yang mendominasi warna merah, kuning, dan hitam. Selain itu memiliki upacara seperti pernikahan, kelahiran, kematian yang memiliki adat dan tata caranya masing-masing.

Deskripsi Manfaat

Masyarakat Suku Nias merupakan etnis yang masih melestarikan budaya dan alamnya yang kaya akan wisata sehingga sangat bermanfaat untuk mempromosikan tradisi dan wisata yang ada disana. Pentingnya untuk mengenal dan melestarikan kebudayaan suku Nias untuk bisa dinikmati dan menambah wawasan sehingga masih bisa tetap untuk dilestarikan sampai turun-temurun.

4. Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Mahoni


Pernyataan Umum

Tumbuhan Mahoni adalah pohon yang hidup di dataran tropis berasal dari Amerika namun banyak dibudidayakan juga di daerah Asia seperti Indonesia untuk diambil batangnya. Pohon Mahoni memiliki batang dan bercabang serta ada menghasilkan bunga dan buah.

Deskripsi Bagian

Pohon mahoni memiliki tinggi dari 30 sampai 40 meter dengan diameter kisaran sampai 125 cm. Batang pohon mahoni berbentuk silinder dan tidak berbanir serta memiliki ciri-ciri batang yang berwarna cokelat hitam sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda menjadi coklat ketika sudah tua, beralur dan mengelupas ketika sudah tua. Pohon Mahoni ketika sudah berumur tujuh tahun akan memiliki mahkota bunga berwarna kuning kecoklatan dan buah berbentuk kapsul dan berwarna coklat.

Deskripsi Manfaat

Pohon mahoni sering dimanfaatkan batangnya untuk kebutuhan mebel, furniture, barang-barang kerajinan tangan, dan ukiran. Batang mahoni banyak digunakan karena sifatnya yang tidak mudah berubah dan kualitas yang tinggi. Selain itu kulit tumbuhan mahoni sering dimanfaatkan juga untuk pewarna dengan cara kulitnya direbus sehingga menghasilkan warna kuning dan tidak mudah luntur.

5. Laporan Hasil Observasi Tentang Tempat Wisata Kota Tua


Pernyataan Umum

Kota Tua salah satu peninggalan yang bersejarah yang berada di berada di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Landscape pemandangan kota zaman dulu dengan peninggalan kolonial Belanda dan bangunan dengan arsitektur yang khas. Banyak bangunan bersejarah yang masih bagus dan digunakan untuk keperluan seperti museum, kafe, dan lainya.

Deskripsi Bagian

Di Kota Tua terdapat beberapa tempat bersejarah yang paling banyak orang kunjungi yaitu, Museum Fatahillah yang dulunya Balai kota Batavia. Taman Fatahillah merupakan objek yang banyak orang kunjungi untuk sekedar bersantai dan melihat pemandangan kota zaman dulu.

Lalu ada Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pelabuhan tertua di Jakarta dan memiliki nilai sejarah perdagangan di Indonesia. Jembatan Kota Intan yang dibangun oleh VOC dan jembatan gantung tertua sering dikunjungi sebagai spot untuk berfoto.

Ada pula Cafe Batavia yang menyajikan minuman kopi khas Indonesia dan Belanda. Art Street Kota tua dimana orang sering berjalan menikmati seni dan pertunjukan di Kota Tua.

Deskripsi Manfaat

Kawasan Kota Tua menjadi tempat wisata dan bersejarah yang mengandung banyak informasi yang mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai sejarah. Pelestarian kawasan ini sangat penting untuk tetap bisa dinikmati keindahannya oleh generasi yang akan datang.

6. Laporan Hasil Observasi Tentang Monumen Nasional (Monas)


Pernyataan Umum

Monumen Nasional atau Monas merupakan simbol dan kebanggaan bangsa Indonesia yang berada di lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas juga merupakan bentuk perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dan penjajah Belanda.

Deskripsi Bagian

Monas merupakan rencana pembangunan dari Bapak Proklamator Soekarno yang mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 hingga 1975. Lalu diresmikan pada 12 Juli 1975 oleh Soeharto.

Monas memiliki tinggi 132 meter atau 433 kaki berwarna putih dan di ujung atasnya merupakan lidah api yang dilapisi emas, yang melambangakan semangat perjuangan bangsa Indonesia. Bangunan Monas didesain oleh arsitektur Frederich Silaban dengan relief di sekitar bangunannya. Di dalam Monas terdapat Museum, Pelataran Puncak dan Ruang kemerdekaan

Deskripsi Manfaat

Monas merupakan bangunan yang melambangkan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Selain itu dapat dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dan Internasional untuk eduka dan sejarah bangsa.

7. Laporan Hasil Observasi Tentang Kain Batik


Pernyataan Umum

Kain Batik adalah Warisan Budaya Takbenda yang dilindungi oleh UNESCO. Batik berasal dari Indonesia yang proses pembuatannya dengan menuliskan dan menerakan di atas kain dengan teknik tulis menggunakan alat canting.

Deskripsi Bagian

Kain Batik memiliki banyak motif yang berbeda-beda tergantung jenisnya dan cara pembuatannya. Batik dibuat dengan 3 cara yaitu:

Teknik Tulis, kain Batik jenis ini lebih mahal biasanya karena memiliki pola motif dan pengerjaan yang lama.
Teknik Cap, kain Batik jenis ini dibuat dengan cara di cap dengan tembaga, namun sebelum proses cap kain batik akan di pola sesuai motif yang diinginkan.
Teknik Lukis, kain Batik jenis ini di motif secara bebas dalam mendesain motif batiknya, dengan menggunakan kain putih dan cat khusus.

Selain itu batik dengan berbagai bentuk motif juga memiliki filosofi tersendiri seperti motif parang, motif kawung dan motif ceplok.

Deskripsi Manfaat

Kain Batik merupakan warisan budaya di Indonesia yang memiliki nilai yang harus dilindungi, selain itu memiliki proses pembuatan yang rumit dan lama sehingga perlu dilestarikan. Bermanfaat juga untuk meningkatkan nilai ekonomis masyarakat dan budaya yang signifikan.

8. Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah


Pernyataan Umum

Sampah adalah sisa yang tidak diinginkan dari hasil penggunaan suatu bahan atau benda. Jumlah sampah di bumi akan terus meningkat selama masih ada aktivitas manusia dan alam, seperti konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan.

Deskripsi Bagian

Sampah dapat dibagi menjadi dua kategori: sampah organik dan anorganik.

Sampah organik contoh seperti daun, sisa makanan dan sayuran dan sebagainya yang mudah terurai dan membusuk, bisanya sampah ini dapat dijadikan kompos sebagai pupuk untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik contohnya seperti plastik, kaleng, kaca, dan besi yang sukar diuraikan dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya.

Sampah dapat dibagi menjadi kategori padat, cair, alam, konsumsi, dan manusia.

Deskripsi Manfaat

Sampah manusia dapat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

9. Laporan Hasil Observasi Tentang TransJakarta Busway


Pernyataan Umum

TransJakarta salah satu transportasi umum yang disubsidikan oleh pemerintah untuk mempermudah mobilitas masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek. Selain itu Transjakarta sudah mulai bertransformasi ke tiket digital dengan kartu atau melalui aplikasi. TransJakarta juga memiliki jalur tersendiri yang tujuan utamanya untuk mengatasi macet di wilayah Jakarta.

Deskripsi Bagian

TransJakarta bisa digunakan dengan kartu prabayar seperti: Emoney, Flazz, Brizzi Tapcash, Jaklingko, ataupun Kartu Multi Trip (KMT) dan Lewat Aplikasi TransJakarta dengan tarif Rp3.500.000. Selain itu sudah terintegrasi dengan transportasi umum lainnya seperti KRL, MRT, dan LRT. Dengan pelayanan yang maksimal TransJakarta memiliki jalur sepanjang 251,2 kilometer dan mengoperasikan 4.487 Bus.

Deskripsi Manfaat

TransJakarta sangat bermanfaat untuk mobilisasi masyarakat saat berpergian karena sudah terintegrasi. Mengurangi kemacetan dan efisiensi waktu dalam menempuh perjalanan jarak jauh serta akses yang mudah. Selain itu juga sudah menggunakan beberapa transportasi listrik yang mendukung keberlanjutan dan keramahan lingkungan.

10. Laporan Hasil Observasi Tentang Makanan Nasi Padang


Pernyataan Umum

Nasi padang adalah salah satu makanan khas Indonesia, Sumatera Barat, Minangkabau. Makanan ini terkenal dengan rempah-rempah nya yang membubuhi di atas nasi. Komplet dengan nasi, sayur, dan ayam atau daging rendang, dan lainnya yang mencirikannya dengan santan.

Deskripsi Bagian

Hidangan nasi padang akan ditawarkan di atas meja konsumen dengan berbagai jenis makanan, ikan, daging, ayam bakar, ayam pop, gulai otak, sayur nangka dan banyak lauk lainnya yang melimpah dengan rempah-rempah. Pengunjung tidak perlu lagi memesan makan apa yang di mau melainkan tinggal memilih dan menikmati hidangan yang diberikan.

Ciri khas makanan satu ini juga yaitu makan dengan menggunakan tangan, karena makanan akan terasa lebih nikmat. Untuk itu perlu juga mencucikan tangan dengan air kobokan dan jeruk nipis yang telah disediakan untuk membersihkan tangan supaya tidak bau amis.

Deskripsi Manfaat

Nasi Padang juga pernah dinobatkan sebagai makan yang enak dengan bumbu dan kuah santannya yang sedah dan enak. Nasi Padang juga sudah populer sampai Internasional sehingga sudah menjadi bagian yang terintegral dari budaya Indonesia. Bermanfaat untuk menarik perhatian masyarakat luat menikmati kuliner dan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat.

Demikian beberapa contoh laporan hasil observasi dari berbagai bentuk yang anda bisa pelajari, serta strukturnya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.

MG/Alfin Berkat Pratama Zai
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)