FISIP UI Hidupkan Kembali Student Nite Festival, Dimeriahkan Musisi Ternama

Senin, 14 Oktober 2024 - 14:55 WIB
loading...
FISIP UI Hidupkan Kembali...
FISIP UI akan kembali menggelar Student Nite Festival, pada 2 November 2024 di Kampus FISIP UI, Depok, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ( FISIP UI ) akan kembali menggelar Student Nite Festival, pada 2 November 2024 di Kampus FISIP UI, Depok, Jawa Barat. Agenda yang sempat vakum cukup lama itu merupakan kolaborasi antara FISIP UI, Komunitas Musik FISIP UI (KMF UI), Idekami Communications, Paguyuban Satu FISIP (PSF), dan Ikatan Alumni (ILUNI) FISIP UI.

Dekan FISIP UI Semiarto Aji Purwanto mengatakan Student Nite Festival merupakan acara musik yang sudah digelar sejak 1980-an. Sayangnya, kegiatan ini sempat vakum. Oleh karena itu, FISIP UI kembali menghidupkan Student Nite sebagai program ikonik, seperti halnya Fakultas Ekonomi punya Jazz Goes To Campus.

"Student Nite hadir dengan tujuan untuk mengeksplorasi serta menampilkan potensi kreatif mahasiswa FISIP UI. Student Nite Festival akan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni, mulai dari musik hingga visual, dengan atmosfer yang mendukung pertumbuhan holistik. Melalui acara ini, kami berkomitmen untuk memperkuat nilai budaya dan identitas kesenian yang telah menjadi bagian integral dari FISIP UI," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Senin (14/10/2024).



Sebagai wujud dari komitmen tersebut, lanjutnya, Student Nite Festival akan menampilkan sejumlah band dan penampil yang berasal dari FISIP UI, UI, serta para musisi ternama lainnya. Deretan musisi yang akan tampil di tiga panggung Student Nite adalah Bilal Indrajaya, Vierratale, Kunto Aji, Sunwich, Motherbank, The Panturas, Puff Punch, Perunggu, G-Pluck, Alif Toeanradjo, Skyline, For Revenge, The Adams, Inara Arcelia, Skastra, Archie Wonderchild Gold, Adhisvara Choir, KMF Muspro, dan 1 band pemenang dari kompetisi band (Band Submission) yang diadakan sebelum Student Nite.

"Kehadiran kembali Student Nite Festival, yang sempat menjadi ikon tahunan FISIP UI pada era 1980-an hingga 1990-an, merupakan momen bersejarah bagi kami semua. Tidak hanya merayakan hiburan dan kreativitas, tetapi juga menyatukan nilai-nilai edukasi dan kepekaan sosial yang selalu menjadi landasan utama FISIP UI. Kami berharap acara ini akan mencapai 3.000 hingga 5.000 penonton," kata Aji.

Menurut Evie Narulita, Ketua Panitia Student Nite Festival 2024, salah satu keistimewaan Student Nite Festival adalah hadirnya musisi-musisi indie muda, karena salah satu misi FISIP UI memang untuk mendukung bertumbuhnya musik Indonesia dengan mengedepankan musisi-musisi muda berbagai genre untuk tampil di panggung Student Nite. "Beberapa penampil juga merupakan mahasiswa atau alumni FISIP UI," katanya.

Sementara itu, Steering Committee Student Nite Festival 2024, Ricky H. Sutjipto menegaskan, acara Student Nite Festival tidak mengganggu aktivitas sehari-hari di Kampus UI. Misalnya, pada saat festival berlangsung, Bis Kuning (Bikun) yang merupakan moda transportasi umum di lingkungan kampus UI tetap beroperasi.

"Kami tidak menutup seluruh jalan, agar Bikun tetap dapat melayani warga UI. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap mengedepankan kepentingan umum, karena festival dilaksanakan di hari Sabtu, di mana kegiatan perkuliahan dan aktivitas lain di kampus masih berlangsung,” tegasnya.

Dalam rangkaian Student Nite Festival, digelar juga Coaching Clinic, kegiatan yang memberikan pengajaran seputar manajemen acara dan seni tradisional. Coaching Clinic bertema seni tradisional ini telah dilaksanakan pada 10 Oktober 2024, sedangkan Coaching Clinic bertema event management akan dilaksanakan pada 24 Oktober 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)