4 Fakta Stella Christie Profesor Cognitive Science, Diisukan Jadi Menteri Prabowo

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:40 WIB
loading...
4 Fakta Stella Christie...
Ini deretan Fakta Stella Christie yang dipanggil Prabowo Subianto untuk menjadi calon anggota kabinet. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ini deretan fakta Stella Christie yang dipanggil Prabowo Subianto untuk menjadi calon anggota kabinet. Ternyata Stella adalah guru besar di Tsinghua University dan ilmuwan lulusan Harvard.

Stella Christie jadi perbincangan publik, usai dirinya datang ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10/2024).

Baca juga: Diajak Masuk Kabinet, Stella Christie: Prabowo Minta Anak Bangsa Mengabdi untuk Negara

Stella bersama ratusan tokoh yang datang ke Kertanegara menjadi salah satu nama yang berpeluang besar menjadi kandidat pejabat di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Stella juga datang pada saat pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Kamis (17/10/2024). Ia pun belum mau membocorkan akan memimpin lembaga pemerintahan mana.

Baca juga: Profil Pendidikan Stella Christie, Guru Besar Tsinghua University Calon Anggota Kabinet Prabowo

Stella mengatakan, ada keinginan Prabowo kepada diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk pulang kembali dan mengabdi kepada negara.

Dilihat dari latar belakang pendidikan, Stella Christie memiliki rekam jejak yang cukup mentereng. Banyak yang penasaran siapa Stella Christie? Berikut merangkum beberapa faktanya.

4 Fakta Stella Christie

1. Guru Besar di Tsinghua University


Dalam situs resmi Tsinghua University, Stella diberikan kepercayaan sebagai Research Chair Tsinghua Laboratory of Brain and Intelligence sejak 2019 sampai sekarang.

Baca juga: Prabowo Keluar dari Rumdin Widya Chandra di Tengah Kabar Pertemuan dengan Megawati

Dirinya telah banyak membuat publikasi penelitian dan keahlian Stella termasuk Analogy and Relational Learning, Learning Sciences and Education, Language typology and its effects on cognition, dan Comparison processes in social and cultural learning.

Sebelum di Tsinghua University, dari 2012 hingga 2018, Stella menjabat sebagai Associate Professor di Swarthmore College, yang disebutnya sebagai universitas peringkat ketiga terbaik di Amerika Serikat.

2. Pendidikan


Prof. Stella Christie, A.B.,M.A.,Ph.D. yang lahir 11 Januari 1979 adalah seorang dosen Indonesia kelahiran Medan. Ia merupakan profesor dan guru besar di Universitas Tsinghua, Beijing, Tiongkok.

Baca juga: Cerita Ni Luh Puspa, Presenter TV yang Masuk Bursa Wamen

Stella memulai pendidikannya di Indonesia sejak Taman Kanak-Kanak (TK) hingga kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta.

Setelah itu, ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Harvard University. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi tahun 1999-2004. Konsentrasi studi dari Stella adalah Mind, Brain, and Behavior (MBB) yang berfokus mempelajari perilaku, proses mental, dan fisiologi yang terjadi di otak.

Ia kemudian meraih gelar S3 di Northwestern University dengan mengambil konsentrasi psikologi kognitif. Selain itu, ia juga menjadi guru besar di Universitas Swarthmore, Pennsylvania, Amerika Serikat. Fokus ilmu yang ditekuninya terkait ilmu kognitif dan kecerdasan buatan.

3. Terpanggil Jadi Calon Kandidat Kementerian


Kehadirannya untuk menemui Prabowo Subianto, dilansir berbagai sumber, ketika diberondong pertanyaan oleh media usai keluar dari rumah Prabowo.



Stella tidak menjelaskan apakah dia akan menjadi menteri, wakil menteri, ataupun kepala badan di kabinet zaken untuk membantu Prabowo.

4. Bisa Menguasai 4 Bahasa


Selain menjadi seorang akademisi dan lulusan dari universitas ternama dunia. Rupanya, Stella bisa menguasai 4 bahasa di antaranya, Bahasa Indonesia, Inggris, Polandia, dan Spanyol.

Demikian 4 fakta Stella Christie kandidat kuat calon pejabat di Kabinet Prabowo-Gibran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

MG/Anastasia Wisalya Karini
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)