Profil Mohammad Gudono, Ayah Erina Gudono Guru Besar UGM yang Mengabdi Lebih dari 25 Tahun

Minggu, 20 Oktober 2024 - 08:41 WIB
loading...
Profil Mohammad Gudono,...
Sosok Mohammad Gudono tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian sivitas akademika UGM. Foto/FEB Unila.
A A A
JAKARTA - Sosok Mohammad Gudono tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian sivitas akademika Universitas Gadjah Mada ( UGM ). Mendiang ayah Erina Gudono ini tercatat pernah menjadi Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kampus tersebut.

Selain itu, Mohammad Gudono juga diketahui sebagai besan dari Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi). Status ini didapat setelah putrinya, Erina Gudono, menikah dengan putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang Pangarep.

Baca juga: Biodata Bebingah Sang Tansahayu Anak Kaesang-Erina, Cucu Keenam Presiden Jokowi

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya sosok dari Mohammad Gudono ini? Berikut ulasan profilnya yang bisa disimak.

Profil Mohammad Gudono


Prof. Dr. Mohammad Gudono, MBA adalah ayah dari Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mengutip informasi dari laman UGM, Gudono lahir di Semarang, 26 Mei 1963. Riwayat pendidikannya bisa ditelusuri dari Sarjana di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (dulu Fakultas Ekonomi) UGM, lalu pendidikan Master di Murray State University di Kentucky, Amerika hingga pendidikan Doktoral di Temple University, Pennsylvania, Amerika.

Baca juga: 3 Momen Erina Gudono Pamer Kemewahan yang Membuatnya Dirujak Netizen, Private Jet hingga Makan Omakase

Prof. Gudono sendiri disebutkan sudah mengabdikan diri lebih dari 25 tahun di UGM. Pada 1 Desember 2011, ia diangkat menjadi Guru Besar di kampus tersebut.

Sepanjang pengabdiannya, Gudono telah menempati beberapa jabatan fungsional dan struktural. Di antaranya sebagai Wakil Rektor bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM periode 2002-2004, Ketua Pengelola Program Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UGM pada 2013-2015 hingga Ketua Program Sarjana Akuntansi FEB UGM pada 2016 hingga wafatnya.

Selain itu, Prof Gudono juga menerima sejumlah penghargaan semasa hidupnya. Sebut saja seperti Satyalancana Karya Satya XX tahun dari Presiden SBY pada 2013 dan Piagam Penghargaan Kesetiaan 25 Tahun dari Rektor UGM pada 2013.

Baca juga: Wow! Harga Makan Privat Omakase seperti Erina Gudono Tembus Rp13 Juta

Beralih pada kehidupan pribadinya, Prof Gudono memiliki seorang istri bernama Sofiatun Gudono. Keluarganya dikaruniai 4 anak, yakni Allen Gudono, Nadya Gudono, Erina Gudono, dan Shania Gudono.

Pada akhir hayatnya, Mohammad Gudono wafat pada 23 Juli 2016 di usia 54 tahun. Ia menghembuskan napas terakhir pukul 03.00 WIB akibat serangan jantung di RSCM Jakarta.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)