Jurusan IPS Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Daftar Ini Bisa Dipertimbangkan

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 13:59 WIB
loading...
A A A
Jurusan Akuntansi juga salah satu jurusan yang bisa kalian pertimbangkan. Jurusan ini cocok buat kalian yang suka dengan mengerjakan analisis keuangan seperti menyusun laporan keuangan.

Baca juga: 10 Jurusan di UKI Paling Banyak Peminatnya, Nomor 1 Sudah Jadi Rahasia Umum

Prospek pekerjaan jurusan ini bisa bekerja di bidang konsultasi keuangan, analisis bisnis, marketing eksekutif, konsultan pajak, broker saham, akuntan publik, atau bahkan bisnis pribadi.

Fakultas Hukum


Tak seperti Fakultas pada umumnya, Fakultas Hukum cenderung tidak memiliki jurusan-jurusan tersendiri. Di sebagian besar kampus, Fakultas Hukum terbagi menjadi beberapa peminatan bukan jurusan. Peminatan-peminatan tersebut meliputi Hukum Perdata, Hukum Islam, Hukum Ekonomi, Hukum Internasional, Praktisi Hukum, dan masih banyak lagi sesuai dengan yang disediakan oleh universitas tujuan kalian.

Sesuai dengan peminatan-peminatan ini, Ilmu Hukum belajar mengenai isu-isu keadilan, tata kelola hukum baik ekonomi maupun pemerintahan, dan juga tentang Hak Asasi Manusia. Untuk prospek pekerjaannya, lulusan Hukum biasanya tak jauh dari pengacara, jaksa, hakim, arbiter, mediator, konsultan hukum, staf legal, dan masih banyak lagi.

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik


1. Ilmu Komunikasi

Walaupun berbeda-beda di setiap kampus, Ilmu Komunikasi cenderung masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Ilmu Komunikasi secara umum adalah salah satu jurusan yang diminati oleh karena hampir semua perusahaan akan memerlukan lulusan dari jurusan ini.

Jurusan ini cocok bagi kalian yang minat dengan public speaking, fotografi, sinematografi, penulisan berita, maupun pembuatan film. Prospek pekerjaan sebagai lulusan jurusan ini tak jauh dari jurnalis, reporter, presenter, advertising, pemasaran, komunikasi bisnis, PR/Public Relations, event organizer, dan lain-lain.

2. Ilmu Hubungan Internasional

Kalau kalian tertarik dengan jurusan yang mungkin bisa memberikan kesempatan untuk bekerja di luar negeri, Ilmu Hubungan Internasional bisa kalian pertimbangkan. Hubungan Internasional secara umum mempelajari tentang hubungan diplomasi antar negara, konflik internasional, perdagangan atau ekonomi internasional, sejarah dunia, hingga perdamaian dunia.

Prospek pekerjaan sebagai lulusan Hubungan Internasional tak jauh dari duta besar, konsultan internasional, politikus, wartawan, international relations officer, dan banyak peluang pekerjaan lainnya.

3. Ilmu Politik
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)