IBS Gelar Webinar Riset dan Inovasi selama Masa New Normal

Jum'at, 04 September 2020 - 21:09 WIB
loading...
A A A
Seiring dengan upaya Pemerintah, menghadapi pandemi Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional RI memiliki strategi dengan membentuk konsorsium riset dan inovasi selama masa pandemi COVID-19 ini. "Karena kami melihat dan mengantisipasi bahwa Indonesia membutuhkan masukan dalam berbagai hal dan peran ilmuwan, termasuk dosen dan peneliti untuk mengatasi pandemi ini," katanya.

Karena itu, jelas dia, pentingnya optimalisasi riset dan inovasi pada bidang kesehatan, terutama screening (penyaringan) dan diagnostik. Pengembangan alat tes yang semakin massif akan melahirkan protokol pencegahan COVID-19. Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang digagas oleh Kemenristek dalam penanganan COVID-19 bisa dibilang sebagai cikal bakal triple helix yang merupakan kerjasama pemerintah, dunia usaha dan akademi.

Langkah-langkah strategis pemerintah di bidang riset dan teknologi dalam menangani dampak ekonomi perlu didorong lebih kencang lagi dalam menghela perekonomian berbasis inovasi teknologi.

Bambang menekankan optimalisasi teknologi digital untuk mengurangi dampak negatif dari pertumbuhan ekonomi pada masa pandemi ini. Transformasi digital itu merupakan agenda sentral di dalam tata kelola reformasi. Adapun COVID-19 ini memberikan ruang batasan-batasan baru mendorong transformasi digital ini dalam suatu konteks keharusan. "Intinya kontribusi dari ristek diarahkan pada optimalisasi teknologi digital," jelasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)