Kembangkan Vokasi, Kemendikbud Bangun SMK Modern di Malaysia

Sabtu, 05 September 2020 - 21:21 WIB
loading...
Kembangkan Vokasi, Kemendikbud Bangun SMK Modern di Malaysia
Kemendikbud melakukan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kemendikbud melalui Ditjen Pendidikan Vokasi mulai melakukan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia. SMK ini akan memberikan akses pendidikan ke anak-anak pekerja migran kompetensi vokasi yang dibutuhkan industri sekitarnya.

Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan, para siswa yang akan belajar di SMK SIKK ini akan diajari kompetensi keahlian tata boga dan perhotelan. Dia juga mengaku terkejut karena SMK ini juga akan mengajari jurusan tehnik pesawat terbang yang masih terbilang jarang dibuka di SMK. (Baca juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Sekolah dan Guru Penggerak akan Diperkuat )

“Ini suatu terobosan yang sangat baik, meski membutuhkan dana besar,” katanya saat peresmian secara simbolis pemancangan tiang perdana melalui daring, melalui siaran pers yang diterima SINDONews, Sabtu (5/9).

Dalam sambutannya, Wikan pun menitipkan agar sekolah ini dijaga dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Wikan juga berharap agar SDM pengajar di SMK ini juga perlu disiapkan. Baik secara kualitas dan juga kuantitas sebab dia ingin guru SMK ini tidak hanya bertindak sebagai guru saja namun sebagai coach hingga teman bagi siswanya. (Baca juga: 6 Provinsi Jadi Fokus Pemberantasan Buta Aksara )

Wikan juga mengingatkan, kesuksesan pendidikan vokasi ditandai dengan link and match dengan industri. Katanya, hubungan antara SMK dengan industri jangan hanya sekadar pacaran namun harus bisa menikah. Sehingga keduanya bisa menyusun kurikulum bersama. Lalu ada guru industri yang bisa mengajar di SMK hingga magang.

"Magang yang direncanakan sejak awal bersamaan dengan kurikulum, sertifikasi kompetensi, keterserapan lulusan, serta guru yang juga harus dilatih industri secara rutin," ujarnya.

Wikan juga mengingatkan bahwa untuk menjadikan SDM unggul dan kompeten di masa depan bergantung pada dua hal. Yakni guru harus bisa melatih hardskill dan juga softskill kepada peserta didiknya. (Baca juga: Pakar dari Industri akan Didatangkan untuk Latih Vokasi di SMK )

Direktur SMK M. Bakrun mengatakan, pembangunan SMK SIKK memiliki sejarah panjang karena merupakan amanah Presiden RI untuk mengembangkan sekolah di Malaysia.

Bakrun menambahkan, sebenarnya pembangunan USB telah diusahakan pada 2018 dan 2019, namun tidak bisa dilakukan. “Pembangunan USB akan dibagi dalam dua tahap. Tahun ini lantai bawah dengan anggaran Rp9 miliar, tahun depan lantai 2 dan 3 dengan anggaran sekitar Rp18-19 miliar. Sehingga, akhir 2021 selesai dan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak kita,” terangnya.

Kepala SIKK Dadang Hermawan, SIKK sendiri telah beroperasi sejak 1 Desember 2008 dengan tugas memberikan akses layanan pendidikan bagi anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia.

SMK SIKK mempunyai program kuliner, perhotelan dan jasa pariwisata, serta teknologi pesawat udara. Juga telah bekerja sama dengan dunia usaha dan industri yang berada di Sabah, Malaysia, yakni hotel, restoran, Layang Layang Aerospace, dan Institut Latihan Perindustrian Kota Kinabalu.

“Terima kasih kepada Direktorat SMK untuk pembangunan USB SMK SIKK. Mudah-mudahan dengan dibangunnya gedung baru ini akan memberikan fasilitas lebih baik,” ujar Dadang.

Bangunan sekolah tiga lantai ini akan didesain modern seluas 1.263 m2. SMK SIKK akan dibangun dalam dua tahap, yakni tahap I 24 Agustus-21 Desember 2020 dan tahap II April-Oktober 2021.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)