Kuliah Perdana UII, Rektor: Mahasiswa Dituntut Kuasi Lima Literasi

Selasa, 08 September 2020 - 18:31 WIB
loading...
Kuliah Perdana UII, Rektor: Mahasiswa Dituntut Kuasi Lima Literasi
Rektor UII Prof Fathul Wahid secara simbolis membuka kuliah perdana di GKU Sardjito UII, Selasa (8/9). Foto/Dok/Humas UII
A A A
SLEMAN - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tahun akademik 2020/2021 menerima 5830 mahasiswa baru (5607 program sarjana (S1) dan 223 program diploma). Mengawali tahun ajaran baru dengan menyelenggarakan kuliah perdana mahasiswa baru secara virtual di GKU Sardjito UII, Selasa (8/9/2020).

Sedangkan para mahasiswa baru mengikutinya melalui live streeming kanal Youtube UII di tempat masing-masing. Rektor UII Prof. Fathul Wahid membuka langsung kuliah perdana tersebut. (Baca juga: Pandemi, UII Gelar Kuliah Perdana 5.830 Mahasiswa Baru via Daring )

Rektor UII Prof. Fathul Wahid kepada para mahasiswa mengatakan di kuliah UII, tidak hanya belajar disiplin ilmu pilihan, tetapi juga memperdalam ilmu agama dan mengamalkannya serta mengasah kepedulian sosial sebagai anak bangsa.

Di UII, semangat keilmuan, keislaman, dan kebangsaan dipertemukan dalam harmoni. Sehingga akan menjadi bekal yang penting di masa mendatang bagi mahasiswa baru sebagai calon pemimpin bangsa, aktor peradaban masa depan.

“Masa depan membutuhkan aktor dengan literasi (pengetahuan dan keterampilan) baru. Inilah saatnya, selain penguasaan dalam bidang disiplin ilmu pilihan, literasi lain diasah dan dilengkapi,” paparnya. (Baca juga: Pandemi, UI Tetap Berlakukan PJJ pada Tahun Ajaran Baru )

Fathul menjelaskan, ada lima leterasi yang harus dikuasai oleh para mahasiswa. Yaitu literasi keberagamaan, kebangsaan, kepemimpinan, teknologi dan budaya. Literasi keberagamaan akan memberikan arah hidup, literasi kebangsaan akan menyadarkan keberagaman Indonesia, literasi kepemimpinan akan mengasah visi ke depan, menapakinya, dan menggerakkan orang lain berjalan bersama.

Literasi teknologi akan memberi amunisi untuk memanen manfaatnya. Literasi budaya akan mempersenjatai untuk siap menjadi warga global. Di antaranya dengan menguasai bahasa internasional, terutama Inggris dan Arab. “Namun, mahasiswa UII bisa menambahkan beragam literasi lain untuk melengkapinya,” tandasnya. (Baca juga: Sinergikan Industri-Kampus, Kemendikbud Luncurkan Platform Kedai Reka )

Kabag Humas UII Ratna Permata Sari mengatakan rangkaian kegiatan mahasiswa baru setelah mengikuti kuliah perdana secara daring mahasiswa, yakni kegiatan orientasi mahasiswa baru dengan tajuk Pesona Ta’aruf (PESTA) 9-13 September 2020, Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) 1 15-17 September 2020, dilanjutkan orientasi mahasiswa baru di tingkat fakultas 19-24 September 2020.

“Untuk perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 diselenggarakan secara daring dan akan dimulai pada 28 September 2020,” jelasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3254 seconds (0.1#10.140)