Ornamen Header
Kemendikbud Diminta Segera Realisasikan Bantuan Paket Kuota
Kemendikbud Diminta Segera Realisasikan Bantuan Paket Kuota
Beberapa mahasiswa mengikuti kuliah jarak jauh. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Kemendikbud diminta segera merealisasikan bantuan kuota khususnya untuk dosen dan mahasiswa. Sebab saat ini masa perkuliahan yang masih memakai metode daring sudah dimulai kembali.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho mengatakan, bantuan kuota saat ini memang menjadi sesuatu yang diharapkan mahasiswa dan dosen yang menjalani kuliah PJJ di tengah masa pandemi.

Oleh karena itu, dia berharap, bantuan kuota yang disampaikan Kemendikbud pada akhir Agustus lalu bisa segera direalisasikan. "Saya rasa makin cepat makin bagus untuk direalisasikan," kata Jamal saat dihubungi SINDONews, Selasa (15/9). (Baca juga: Proses Input Data HP untuk Bantuan Kuota Diminta Diperpanjang)

Diketahui, per 11 September lalu berdasarkan data Kemendikbud jumlah data nomor ponsel yang sudah terdaftar untuk mahasiswa, nomor ponsel yang telah terdaftar sebanyak 2,7 juta nomor dari 8 juta mahasiswa, dan dosen 161 ribu dari 250 ribu dosen.

Mantan Irjen Kemenristekdikti ini menuturkan, setidaknya Kemendikbud bisa merealisasikan bantuan kuota itu bagi dosen dan mahasiswa yang datanya sudah terverifikasi dan tervalidasi dengan baik.



"Direalisasi yang 50 % (data no ponsel yang sudah masuk) akan lebih bagus. Karena minimal itu membantu yang benar-benar membutuhkan dan sudah siap karena sudah cukup banyak yang sudah mengajukan," terang Jamal. (Baca juga: Pemerintah, Kenapa Bantuan Paket Kuota Tak Kunjung Datang)

Jamal mengatakan, sebaiknya Kemendikbud membuka gelombang dua untuk proses pendataan nomor ponsel bagi perguruan tinggi yang belum selesai. Sementara bagi perguruan tinggi yang sudah selesai proses pendataan maka bisa diberikan langsung bantuan kuota tersebut.

Menurut Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) ini. bantuan kuota ini sangat penting karena saat ini pula mahasiswa sedang menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang sebagian besar dilakukan secara daring.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!