Ornamen Header
ITS Kenalkan Kampus pada 7.958 Maba seperti Permainan Minecraft
ITS Kenalkan Kampus pada 7.958 Maba seperti Permainan Minecraft
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/SINDOnews
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki cara unik untuk mengenalkan kampus pada 7.958 mahasiswa baru (maba). Lewat daring, mereka mengenalkan berbagai fasilitas kampusnya seperti permainan Minecraft, Rabu (16/9/2020).

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menuturkan, dengan semangat pahlawan 10 November 1945, mahasiswa angkatan 2020 ini kelak akan menjadi pemimpin masa depan melalui ITS. “Bersama ITS yang merupakan Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, bereputasi dunia, kita berkarya dan berkontribusi untuk bangsa,” kata Ashari. (Baca juga: Nadiem dan Susi Ikut Pompa Semangat 7.958 Maba ITS)

Ia melanjutkan, sivitas akademika menanti kontribusi angkatan 2020 untuk mengharumkan nama ITS dan meneruskan prestasi yang sudah diukir oleh kakak-kakak angkatannya. Apalagi saat ini revolusi industri 4.0 masih terus berjalan dan akan terjadi disrupsi, salah satunya beberapa pekerjaan yang akan tergantikan oleh mesin nantinya.

Maka dari itu, sebagai mahasiswa harus menguasai era industri 4.0 ini. Dengan fasilitas yang ada di ITS, para mahasiswa baru bisa ikut bergabung melakukan riset-riset dan penelitian di Research Center ITS maupun di laboratorium yang telah disediakan. “Sebagai angkatan baru, mari kita pegang 3C, yakni Complex Problem Solving, Creativity, dan Critical Thinking,” kata guru besar Teknik Elektro ini. (Baca juga: Sinergikan PT dan Industri, Kemendikbud Minta Dukungan Diaspora)



Di akhir, ia mengharapkan, mahasiswa baru 2020 ini untuk belajar, berlatih dan mengasah diri agar berkompetensi. Setiap orang mempunyai keistimewaan di bidangnya masing-masing yang bertujuan untuk berkontribusi maksimal ke masyarakat. “Ayo manfaatkan fasilitas pengembangan diri yang ada di ITS, hadapi tantangan, sehingga dengan belajar kita semua akan menjadi pemenang sejati di era hiperkompetisi saat ini,” katanya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT menyampaikan laporan hasil penerimaan mahasiswa baru yang diterima di semua program sebanyak 7.958 orang, “Di antaranya 5.592 dari program sarjana (S1), 1.129 orang dari program vokasi (D4), dan 1.237 orang dari program pascasarjana (S2 dan S3),” jelasnya.

Guru besar Teknik Elektro ITS ini juga menambahkan, mahasiswa program sarjana yang diterima tersebut melalui empat jalur pendaftaran yaitu ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) dan program sarjana kelas internasional yang bernama International Undergraduate Program (IUP).



Pada program sarjana tersebut juga terdapat 12 mahasiswa baru dari program Afirmasi Dikti (Adik) dari Kemendikbud. Antara lain berasal dari Provinsi Papua, Papua Barat dan yang berasal dari daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) di Indonesia. ITS juga telah menerima mahasiswa asing sebanyak 42 orang yang berasal dari 11 negara. “Program magister sebanyak delapan orang, sarjana satu orang, E-Exchange 17 orang dan E-Internship 16 orang,” jelasnya.

Adi melanjutkan bahwa untuk pendaftar program vokasi atau sarjana terapan, dari 3.323 yang mendaftar ada 1.129 yang berhasil diterima di program ini. Dengan tiga jalur yang berbeda yaitu prestasi, mandiri dan reguler, vokasi mempunyai keketatan sebesar 17,37 persen.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!