Kembangkan Teknologi Robot, Unesa Rilis Rangkaian Produk KECE

Kamis, 17 September 2020 - 21:37 WIB
loading...
Kembangkan Teknologi Robot, Unesa Rilis Rangkaian Produk KECE
Unesa merilis beberapa produk andalannya dalam kegiatan Rumah Inovasi Unesa. Foto/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) merilis beberapa produk andalannya dalam kegiatan Rumah Inovasi Unesa, Kamis (17/9). Antara lain, Robot KECE Generasi-2, Drone KECE, KECE Body Temp Check Generasi 1 dan prototipe Motor Listrik KECE.

Hadir secara virtual, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro. Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan apresiasi atas prestasi Unesa selama ini dalam bidang inovasi. "Terlebih naiknya peringkat Unesa ke-19 pada klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan Kemendikbud tahun 2020," ujar Bambang.

Diketahui, Robot Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan (KECE) Gen-2 merupakan pengembangan dari Robot KECE. Robot KECE Gen-1 telah diberikan ke Pemprov Jatim untuk Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Jalan Indrapura Surabaya. Robot KECE Gen-2 ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan teknologi canggih. (Baca juga: Dosen IPB University Kembangkan Kit Diagnostik Alzheimer )

"Robot generasi kedua ini, selain dapat berfungsi untuk mengantar alat medis, makanan, serta melakukan sterilisasi ruangan pasien COVID-19, juga dilengkapi sensor yang mampu mendeteksi suhu tubuh dan detak jantung pasien COVID-19. Robot ini memiliki fitur pemutar musik untuk terapi pasien," ujar Rektor Unesa, Nurhasan.

Robot KECE Gen-2 juga dilengkapi alat yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung pasien COVID-19. Hasil pemeriksaan dapat diketahui realtime bagi pasien yang menggunakan alat tersebut. "Kami saat ini masih menyiapkan Robot KECE Generasi 3 yang bisa masuk ke kamar pasien COVID-19 sesuai instruksi yang diberikan," imbuh Nurhasan. (Baca juga: Sinergikan PT dan Industri, Kemendikbud Minta Dukungan Diaspora )

Sedangkan Drone KECE, alat ini dapat menyemprotkan desinfektan. Drone ini berkapasitas 16 liter dan dapat menjangkau area seluas 1 hektar. Kemudian prototipe Motor Listrik KECE. Lalu prototipe Mobil Listrik KECE yang dapat melaju pada kecepatan 65 km/jam dan dapat bertahan selama 10 jam.

Ada juga knalpot sepeda motor ramah lingkungan, filter udara mobil tipe siklon, batik tanah, handsanitizer dengan nano silver, Signalom (sistem bahasa isyarat yang mudah diikuti oleh anak berkebutuhan khusus) dan aplikasi permainan bola voli berbasis android.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)