Mendikbud: Tak Ada Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah

Minggu, 20 September 2020 - 16:40 WIB
loading...
Mendikbud: Tak Ada Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membantah isu beredar yang menyebut mata pelajaran sejarah di SMA dan SMK akan dihapus.

Nadiem mengaku terkejut mendengar isu yang dinilainya idak benar ini menyebar luas. "Tidak ada sama sekali regulasi penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," kata Nadiem dalam rekaman video yang diposting di akun Instagramnya, @nadiemmakarim, Minggu (20/9/2020).

Dia menduga isu ini keluar dari hasil presentasi internal terkait penyederhaan kurikulum. Kemendikbud dikatakannya memiliki banyak versi yang berbeda mengenai hal itu yang dibahas dalam focuss group discussion (FGD) dan uji publik.

"Ini pengkajian yang benar di mana berbagai opsi diperdebatkan secara terbuka," kata Nadiem.( )

Nadiem juga menegaskan penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan sampai dengan 2022. Pada tahun 2021, Kemendikbud akan melakukan prototiping di berbagai sekolah penggerak yang terpilih, bukan dalam skala nasional.

"Jadi sekali lagi tidak ada kebijakan apa pun yang keluar di 2021 dalam skala kurikulum nasional, apalagi penghapusan mata pelajaran sejarah, " tutur Nadiem. (Baca juga: Rujukan Generasi Muda, Pelajaran Sejarah Wajib Ada di Sekolah Menengah)
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2334 seconds (0.1#10.140)