Universitas Gunadarma Selenggarakan Wisuda Daring

Selasa, 22 September 2020 - 14:29 WIB
loading...
Universitas Gunadarma Selenggarakan Wisuda Daring
Universitas Gunadarma membuat terobosan baru dalam pelaksanaan wisuda secara daring, Sabtu (19/9). Foto/ist
A A A
JAKARTA - Universitas Gunadarma membuat terobosan baru dalam pelaksanaan wisuda secara daring, Sabtu (19/9). Terobosan yang menjadi fenomena baru di Indonesia tersebut dimungkinkan dengan hadirnya TV Komunitas yang dikelola oleh Universitas Gunadarma yaitu UGTV.

UGTV menjadi TV Komunitas pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin penyiaran digital dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Acara Wisuda daring yang diikuti oleh 433 orang wisudawan/wisudawati dibagi dalam dua sesi. (Baca juga: Mahasiswa ITS Ciptakan PBOX, Alat Penyalur Logistik Kemanusiaan )

Acara ini ditayangkan secara langsung melalui UGTV Digital. Keluarga, orang tua, atau pendamping wisudawan/wisudawati dapat ikut menyaksikan prosesi wisuda melalui pesawat televisi baik dalam frekuensi digital maupun analog di wilayah JABODETABEK.

UGTV juga dapat diakses melalui live streaming dengan menggunakan web browser di laman www.ugtv.co.id dan www.tv.gunadarma.ac.id, serta melalui aplikasi UGTV mobile yang dapat diunduh melalui apps-store maupun play-store pada smartphone. Prosesi wisuda melibatkan orang tua atau pendamping yang diliput secara langsung melalui webcam atau kamera eksternal yang terpasang pada komputer di rumah wisudawan masing-masing.

Liputan prosesi yang diurutkan sesuai jenjang dan fakultas masing-masing wisudawan secara real-time terkirim ke studio sehingga dapat disaksikan oleh publik secara langsung. (Baca juga: IPB University Luncurkan Sistem Monitoring Lahan Digital )

Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.MM, wakil rektor dan perwakilan senat hadir di auditorium kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma yang pada acara wisuda daring difungsikan sebagai studio penyiaran.

Rangkaian wisuda daring dimulai dengan pembukaan rapat senat oleh Rektor dan sambutan dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) Prof. Dr. Agus Setyo Budi, MSc. Dalam rangkaian acara wisuda daring ini juga ditampilkan beberapa pesan dan kesan dari perwakilan wisudawan, orang tua, dan lulusan berprestasi.

Ketua MPR-RI periode 2019-2024 Bambang Soesatyo serta Duta Besar Republik Uzbekistan untuk Indonesia turut serta memberikan pesan kepada para wisudawan.

Selama acara wisudawan dan pemirsa UGTV dihibur oleh konser virtual band Pilotz dan paduan suara Universitas Gunadarma Swara Darmagita. Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam untuk setiap sesinya, berjalan dengan khidmat, tertib, lancar dan terpancar kebahagian para wisudawan dan juga orang tua maupun pendampingnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)