Rektor Unhan Dorong Penguasaan Teknologi Roket bagi Indonesia

Selasa, 22 September 2020 - 14:48 WIB
loading...
Rektor Unhan Dorong Penguasaan Teknologi Roket bagi Indonesia
Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian menyatakan, indikator keberhasilan pertahanan negara tercermin dari daya tangkal suatu bangsa terhadap setiap ancaman baik ancaman yang datang dari dalam maupun luar.

Hal ini dikatakan Amarula saat menjadi keynote speaker dalam Webinar Teknologi Roket, Selasa (22/9/2020). Narasumber lain yang hadir antara lain Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Dalam paparannya yang bertajuk 'roket sebagai alutista untuk meningkatkan sistem pertahanan negara', Amarula membahas soal sistem pertahanan negara, 7 prioritas teknologi pertahanan, teknologi alutsista roket, roket untuk sistem pertahanan negara dan perkembangan teknologi roket. (Baca juga: Menristek: Bangun Bandara Antariksa dan Eksplorasi Angkasa Luar )

"Disinilah pentingnya kita penguasaan teknologi roket sebagai daya tangkal. Kalau negara lain tahu kita memiliki kemampuan membuat roket daya jangka luar biasa itu menjadi daya tangkal yang sangat kuat," bebernya.

Amarulla menilai, pengusaan teknologi roket bagi Indonesia saat ini tepat dan harus terus didorong sebagai sistem pemantauan pertahanan kita. Mengingat, letak geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan-kepulauan.

Menurutnya, pemantauan itu tidak sekadar untuk keperluan militer namun dalam berbagai aspek kehidupan seperti iklim, dan pemantauan sumber daya alam. (Baca juga: IPB University Luncurkan Sistem Monitoring Lahan Digital )

"Nilai ekonomisnya menjadi kebanggaan nasional, bisa dibayangkan bila kita memiliki roket yang membawa satelit itu menjadi prestasi Indonesia di tingkat dunia," katanya.

"Teknologi roket yang dimiliki suatu negara menjadikan negara tersebut memiliki tingkat kemandirian dalam peluncuran satelit baik untuk keperluan sipil dan terlebih lagi untuk kepentingan pertahanan negara," tambah Amarulla.

Rektor Unhan pun mendukung LAPAN dalam memenuhi kebutuhan alusista TNI serta menyambut baik kerja sama Indonesia dalam pengembangan teknologi dengan sejumlah negara terkait kerja sama transfer teknologi berupa pelatihan, disain manufaktur dan lainnya.

Dia menekankan, sinergitas multi disiplin mewujudkan teknologi roket yang mandiri guna meningkatkan sistem pertahanan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2940 seconds (0.1#10.140)