Ornamen Header
Pandemi, Poltekkes Surabaya Wisuda Ribuan Tenaga Kesehatan secara Daring
Pandemi, Poltekkes Surabaya Wisuda Ribuan Tenaga Kesehatan secara Daring
Wisuda Poltekkes Kemenkes Surabaya digelar secara virtual, Kamis (24/9/2020). Foto/SINDOnews/Ali masduki
SURABAYA - Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surabaya, menggelar wisuda untuk yang ke-19 kalinya. Hanya saja, Wisuda kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara wisuda dan angkat sumpah tahun ini dilakukan secara virtual atau daring.

Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya, Bambang Hadi Sugito, mengatakan wisuda dalam jaringan itu untuk mematuhi aturan pemerintah tentang pencegahan penularan virus Corona. Sesuai dengan protokol kesehatan, tidak boleh ada kegiatan yang menyebabkan kerumunan sehingga menggelar wisuda secara online. (Baca juga: 7.329 Mahasiswa Baru Antusias Dengarkan Petuah Rektor UIN Bandung)

"Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan. Bahwa semua kegiatan wisuda harus dilakukan secara daring,” katanya, Kamis (24/9).

Secara teknis, sebanyak 1.657 wisudawan dari tujuh jurusan dan 22 program studi mengikuti acara wisuda dari rumah. Yang hadir di Auditorium Poltekkes Kemenkes Surabaya hanya direktur, wakil direktur, ketua jurusan dan empat perwakilan mahasiswa yang mewakili empat agama untuk angkat sumpah. Mereka yang hadir di auditorium juga tetap mematuhi protokol yang ditetapkan yaitu memakai masker dan menjaga jarak.



Bambang menegaskan, sebagai tenaga kesehatan, mahasiswa yang diwisuda kali ini langsung dihadapkan pada tantangan untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Terutama dalam penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19. Ia berharap kepada seluruh wisudawan agar membaktikan ilmunya untuk turut aktif dalam penananganan penyebaran virus COVID-19. (Baca juga: Mendikbud Tetap Terapkan Kurikulum Baru di Sekolah Penggerak)

”Dengan bekal ilmu yang sudah dimiliki, wisudawan sudah siap untuk terjun ke masyarakat dan memberikan sumbangsih nyata ke masyarakat, khususnya dalam hal yang terkait dengan bidang kesehatan dan penanggulangan penyebaran COVID-19,” ujar Bambang.

Dalam kesempatan kali ini, Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya melepas 398 mahasiswa Jurusan Keperawatan. Kemudian dari Jurusan Kebidanan sebanyak 423 mahasiswa, 206 mahasiswa dari Jurusan Kesehatan Lingkungan dan 108 mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektromedis. Berikutnya 206 mahasiswa dari Jurusan Keperawatan Gigi, 217 mahasiswa dari Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) dan 99 mahasiswa dari Jurusan Gizi.



Poltekkes Surabaya juga memberikan penghargaan kepada mahasiswanya yang berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Penghargaan bidang akademik terbaik peringkat pertama tahun 2020 diberikan kepada 34 mahasiswa dengan peraih nilai tertinggi yaitu Siti Halimah dari Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dengan IPK 3,94. Sedangkan untuk non akademik diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik dari skala nasional maupun internasional.

Bambang menambahkan, seluruh civitas akademika mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya. ”Kami mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan orang tua wisudawan yang telah lulus dan berhasil menjadi ahli madya dan sarjana terapan. Kami berharap wisudawan bisa segera mengamalkan ilmunya di dunia kerja dan wabah COVID-19 ini cepat berakhir,” pungkas Bambang
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!